nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kondisi Pertanda Waktunya Anda Harus Berhenti Minum Air Putih

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 22 Maret 2017 12:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 22 481 1648999 4-kondisi-pertanda-waktunya-anda-harus-berhenti-minum-air-putih-yndhsRw95H.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MINUM air putih sangat baik untuk kesehatan, salah satunya untuk mencegah dehidrasi. Tapi, ada waktunya Anda berhenti minum air putih, karena tubuh sudah cukup cairan.

Minum terlalu banyak air putih justru dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Memang, telah dianjurkan minum setidaknya 8 gelas sehari. Namun, ada kondisi lain yang bisa menjadi panduan kapan Anda perlu berhenti minum air putih.

Berikut 4 kondisi yang membuat Anda perlu berhenti minum air putih seperti dilansir dari laman Boldsky, Rabu (22/3/2017):

Ketika Anda sudah cukup minum

Minum banyak air putih baik untuk kesehatan. Tetapi, jika terus minum air tanpa batas, bahkan ketika tidak merasa haus, maka bisa mengganggu keseimbangan alami garam dalam tubuh.

Ketika urine berwarna putih

Jika Anda ingin tahu apakah sudah cukup minum air putih, maka lihatlah dari warna urine. Warna kuning gelap menandakan Anda mengalami dehidrasi. Jika bening putih, maka Anda cukup terhidrasi dan tidak perlu minum terlalu banyak air.

Saat makan besar

Minumlah segelas air putih sebelum makan, maka akan makan lebih sedikit. Tapi, terlalu banyak minum air sebelum dan setelah makan bisa sangat tidak nyaman, karena menyebabkan kembung. Ini adalah saatnya Anda tidak harus minum air putih.

Setelah olahraga intensif

Setelah latihan normal, minum air putih tidak masalah. Tapi, setelah latihan yang sangat intens, Anda akan kehilangan banyak elektrolit melalui keringat. Karena itu, Anda harus mengisi nutrisi melalui air kelapa yang kaya elektrolit, bukan air putih.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini