nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Bidan Ini Tawarkan Pelatihan Proses Melahirkan Dadakan

Rabu 22 Maret 2017 14:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 22 481 1649077 2-bidan-ini-tawarkan-pelatihan-proses-melahirkan-dadakan-Qv0jF5Wcob.jpg Melahirkan (Foto: Parent Resource Network)

MASA hamil memang masa yang paling rentang saat sedang beraktivitas. Salah satunya adalah kadang terjadi kontraksi yang mendadak saat hamil. Bukan hanya itu bukan tidak mungkin kadang proses melahirkan sendiri kadang datang di saat yang tidak tepat yang menyebabkan proses persalinan harus terjadi di perjalanan.

Oleh karena hal tersebut, terinspirasilah dua orang bidang asal Rusia untuk mengadakan program latihan pada pasangan yang mengalami kontraksi kehamilan yang mendadak terutama saat dalam perjalanan.

Bidan tersebut memberikan pelatihan dengan alasan karena terkadang ada beberapa kendala yang di hadapi oleh pasangan yang akan melahirkan. Salah satunya adalah kendala akses karena terkadang beberapa pasangan berada di lokasi terpencil sehingga akses untuk ke rumah sakit bisa menjadi penyebab kendala ketika ibu ingin bersalin. Bukan tidak mungkin kadang pasangan harus menempuh jarak 100 kilometer dan tentunya hal tersebut juga yang kadang membuat persalinan harus terjadi di tengah jalan.

Bukan hanya masalah jarak saja, di beberapa negara lain mungkin salah satunya di Indonesia adalah mengenai medan perjalanan yang cukup berat. Kadang medan perjalanan yang berat kadang membuat pasangan terutama sang wanita menjadi kesulitan untuk menahan sehingga harus melakukan proses bersalin di tengah jalan.

Hal lainnya yang bisa menyebabkan persalinan di tengah jalan adalah masalah kemacetan yang sering terjadi, atau karena wanita memang sudah tidak kuat lagi menahan bayi yang ingin keluar. Mau tahu mau pasangan harus memang benar menyiapkan diri untuk proses bersalin tanpa bantuan medis terlebih dahulu.

Program pelatihan yang dilakukan oleh kedua bidan ini berupaya untuk melatih semua individu bagaimana jika bepergian jarak jauh atau memang ingin bersalin namun jarak tempuh rumah sakit yang memang terlalu jauh akan menyebabkan harus bersalin di jalan. Dalam latihan ini juga setiap pesertanya akan dilatih bagaimana menghadapi situasi ini tanpa panik dan harus tetap tenang dan rileks. Pelatihan ini juga melatih agar para individu untuk bisa menjadi bidan sementara bagi sang wanita yang ingin bersalin mendadak.

Sayangnya di Indonesia masih belum banyak upaya untuk sosialisasi pelatihan mengenai hal ini, padahal sangat penting sekali bagi mereka yang memang memiliki jarak tempuh yang cukup jauh atau ibunda yang melahirkan mendadak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini