Share

Tidak Hanya Minyak Sawit, 3 Jenis Minyak Nabati Ini Juga Bagus untuk Memasak Loh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 26 Maret 2017 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 23 298 1649996 tidak-hanya-minyak-sawit-3-jenis-minyak-nabati-ini-juga-bagus-untuk-memasak-loh-xQLVSgHUF9.jpg Olive oil (Foto:Shutterstock)

SAAT ini sudah banyak sekali jenis minyak nabati yang beredar di pasaran. Yang paling umum digunakan adalah minyak kelapa sawit. Namun, tahukah Anda, ternyata ada beberapa jenis minyak nabati yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan masakan?

Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Kamis (23/3/2017).

Minyak biji bunga matahari

 

A post shared by Dhruv Singh (@angrejbihari) on


Sesuai dengan namanya, minyak ini diolah dari hasil ekstrak bunga matahari dan sering dijadikan bumbu pelengkap salad. Minyak biji bunga matahari juga dipercaya mengandung asam lemak dan vitamin E yang berkhasiant untuk meningkatkan energi, kesehatan kulit, hingga mencegah penyakit jantung.

Minyak wijen

 


Berbeda dengan minyak nabati lainnya, minyak wijen justru kaya akan mineral seperti seng, tembaga, kalsium, magnesium, yang berkhasiat meningkatkan kesehatan gigi dan metabolisme. Di dalam dunia masak, minyak wijen sering digunakan untuk menumis sayuran, atau membuat martabak.

Minyak zaitun

 


Minyak zaitun seringkali digunakan sebagai bahan untuk menumis sayuran, membuat sup di atas api sedang, atau sebagai dressing salad. Minyak ini mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal yang cukup banyak jika dibandingkan dengan minyak nabati lainnya. Kandungan tersebut berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini