Share

Mau Makanan Lebih Sehat? Ganti Minyak Goreng Anda dengan Minyak Nabati Ini

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 26 Maret 2017 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 23 298 1650381 mau-makanan-lebih-sehat-ganti-minyak-goreng-anda-dengan-minyak-nabati-ini-Uy1Wi24RsO.jpg Minyak anggur lebih sehat (Foto:Skincare)

MINYAK bisa dibilang sebagai salah satu bahan baku yang penting dalam pengolahan makanan. Sebagai alternatif pilihan yang lebih sehat, minyak nabati rendah lemak kerap diandalkan. Tapi kenali Moms, minyak nabati bukan hanya minyak zaitun lho.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Okezone rangkum beberapa jenis minyak nabati yang bisa digunakan untuk ditambahkan dalam masakan. Harga minyak nabati ini memang agak tinggi tetapi sebanding dengan manfaatnya yang untuk kesehatan.

Minyak Canolla

Minyak canolla di Inggris dikenal dengan sebutan rapeseed oil, sementara di Amerika disebut canolla oil. Minyak jenis ini memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan. Minyak canolla bisa ditambahkan sebagai dressing salad ataupun dijadikan minyak olesan untuk beberapa jenis makanan yang diolah dengan teknik pemasakan sederhana. Canolla oil memiliki warna kuning bening dengan tekstur yang tidak terlalu oily sehingga bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Grapeseed oil

Grapeseed oil termasuk jenis minyak dari biji-bijian. Minyak ini terbuat dari biji anggur yang biasa buahnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan wine. Grapeseed oil memiliki titik panas yang cukup tinggi yakni mencapai 216 derajat Celsius. Karena tahan panas, minyak ini bisa dijadikan sebagai bahan pengolahan makanan seperti menumis atau menggoreng. Minyak ini punya warna yang terang, bening serta memiliki rasa yang ringan sehingga tidak meninggalkan aroma dan aftertaste yang mengganggu. Selain jadi salad dressing, minyak ini juga recommended digunakan sebagai bahan baku pembuatan mayones, memasak pancake, waffle dan lain sebagainya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini