Liburan ke Kampung Halaman Presiden Jokowi? Jangan Lupa Cicipi 3 Hidangan ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 25 Maret 2017 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 23 298 1650512 liburan-ke-kampung-halaman-presiden-jokowi-jangan-lupa-cicipi-3-hidangan-ini-SUd52J3hA7.jpg Kuliner Solo (Foto:Serbakukus)

SELAIN nasi liwet dan surabi notosuman, Solo ternyata memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang lezat.

Nah, jika akhir pekan ini Anda berencana mengunjungi Kota Solo, berikut 3 kuliner khas lokal yang wajib Anda cicipi, sebagaimana dirangkum dari siaran pers yang diterima Okezone dari Ezy Travel.

Sate Buntel

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang kemudian dibuntel tipis menggunakan lemak kambing dan ditusuk. Setelah itu dibakar dan dibubuhi kecap manis. Sate ini sangat empuk dan mudah untuk menyantapnya.

 

A post shared by desi sri supatwati (@desi_ssw) on


Beberapa tempat yang menyajikan hidangan Sate Buntel antara lain Warung Sate Bu Bejo di Jl. Lodji Wetan, Sate Kambing Tambak Segaran di Jl. Tambak Segaran No 39, Sate Buntel Mbok Galak di Jl. Ki Mangun Sarkoro No. 122, dan Sate Kambing Haji Bejo di Jl. Sebakung No 10 Lodji Wetan, Solo.

Nasi Timlo

 


Nasi Timlo Solo merupakan kuliner berkuah yang berisi telur pindang, mie soun, suwiran ayam, ati rempela, telur dadar, wortel, dan sosis yang disiram dengan kuah kaldu. Bumbu Nasi Timlo terdiri dari bawang putih, pala, lada, dan bawang goreng. Nasi Timlo biasa disantap sebagai menu sarapan, namun kini banyak yang menjual Nasi Timlo hingga malam hari.

Beberapa tempat Nasi Timlo yang bisa Anda kunjungi antara lain Rumah Makan Timlo Solo di Jl. Urip Sumoharjo 94, Warung Timlo Sastro di Jl. Kapten Mulyadi (Pasar Gede), dan Warung Timlo Sastro di Jl. Dr. Wahidin, Solo.

Cabuk Rambak

 


Kuliner Cabuk Rambak terdiri dari Cabuk dan Rambak. Cabuk merupakan kuah yang terbuat dari wijen sangrai dan parutan kelapa yang ditumbuk bersama bumbu lainnya, seperti bawang putih, kencur, kemiri, merica, gula, garam, dan daun jeruk. Sedangkan rambak adalah kerupuk kulit. Bisa kulit sapi atau kerbau. Namun, kini kerupuk rambak telah diganti dengan karak atau kerupuk nasi.

Kuliner Cabuk Rambak bisa ditemui di Pasar Gede dan sekitar Stadion Manahan, Solo. Para penjual biasanya menjual Cabuk Rambak pada pagi hari. Seporsi Cabuk Rambak diberi harga Rp 3.500 karena porsinya yang tidak terlalu banyak.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini