nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyanyi Tampan Jaz Ungkap Uniknya Kehidupan di Brunei Darussalam

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 08:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 23 406 1650418 penyanyi-tampan-jaz-ungkap-uniknya-kehidupan-di-brunei-darussalam-VislJTW8EZ.jpg Penyanyi Jaz (foto: M Sabki/Okezone)

PENYANYI kelahiran Brunei, Jaz Hayat yang kariernya melejit di Indonesia belakangan ini mengungkapkan uniknya kehidupan di kampungnya. Negara kesultanan yang diapit oleh Malaysia di Pulau Kalimantan tersebut menurutnya istimewa.

“Brunei itu negara Islam. Tapi, menurut gue bagus, sih. Negara muslim tapi bukan yang suka menjudge,” ungkapnya kepada Okezone, saat berkunjung ke Gedung News Center di Jakarta, belum lama ini.

Beberapa di antara dari hal spesial yang dimiliki Brunei sebagai negara Islam kesultanan, yang tidak ia temui di negara tetangga lainnya, adalah keamanan dan ketenangan.

“Aman banget di Brunei. Keamanan benar-benar terjaga, orang nggak bisa ngerokok karena memang tidak dijual dan nggak bisa minum alkohol. Brunei juga beda banget, misalnya dengan Malaysia, karena di sana nggak ada macet. Jam dua atau tiga pagi itu krik krik karena nggak ada mobil yang lewat,” tuturnya.

Bahkan menurutnya, kehidupan malam jarang ditemui di sana. Meski beberapa pengusaha bisa membuka usaha restorannya 24 jam atas izin pemerintah, rata-rata hiburan di sana tutup di bawah jam 12 malam.

“Ada yang bilang, bosen ah di Brunei. Tapi itu semua ada reason-nya, sih. Takutkan ada kasus-kasus yang gimana-gimana, makanya hal-hal itu dibatasi,” ujarnya.

Keberadaan Raja di sana juga sangat disukai oleh masyarakatnya, termasuk oleh pelantun lagu “Dari Mata” tersebut. “Wuh, iya cinta banget. Setiap sultan ulang tahun, perayaannya ramai dan bisa semingguan. Terus kita banyak liburnya di sana,” katanya.

“Makanya ke Brunei dulu, deh, baru rasain gimana asyiknya di sana,” pungkas Jaz.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini