Share

Hindarkan Anak dari Pelaku Pedofil, Moms Katakan Ini pada Buah Hati Anda!

Utami Evi Riyani, Okezone · Minggu 26 Maret 2017 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 24 196 1650855 hindarkan-anak-dari-pelaku-pedofil-moms-katakan-ini-pada-buah-hati-anda-HnuS7PLYk9.jpg Pola asuh (Foto: Okezone)

TERKUAKNYA jaringan pedofil online internasional di Jakarta baru-baru ini menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat. Apa yang harus dilakukan orangtua untuk menghindarkan anak dari bahayanya pedofil?

Psikolog Astrid Wen menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan orangtua. Simak ulasannya seperti dirangkum Okezone berikut ini:

Komunikasi

Komunikasi yang dilakukan secara terbuka dan intens dapat menghindarkan anak dari berbagai hal yang membahayakan. Anda bisa selalu menanyakan keberadaannya dan mendengarkan ketika anak bercerita. Orangtua harus bisa mendengarkan anak dan tidak hanya meminta anak melakukan apa yang diharapkan orangtua.

“Orangtua biasanya cenderung bicara tentang ekspektasi dan kinerja mereka di sekolah. Tetapi kita tidak benar-benar mendengarkan anak. Kalau anak cerita ‘Aku tidak suka sama om itu’, beri pertanyaan terbuka apa yang membuat dia tidak suka,” jelas Astrid saat dihubungi Okezone melalui telefon, Kamis 23 Maret 2017.

Ajarkan untuk selalu izin sebelum pergi

Ajarkan pada anak Anda untuk selalu izin sebelum pergi bersama orang dewasa yang tidak begitu dikenal. Katakan bahwa Anda perlu tahu di mana keberadaannya dan dengan siapa dia pergi, sehingga terus bisa memantau dan melindunginya.

Jangan biarkan orang lain menyentuh area pribadi

Tegaskan kepada anak-anak bahwa area pribadi tak boleh disentuh oleh siapapun. Termasuk oleh keluarga dan saudara dekat. Ajarkan mereka menghargai tubuh sendiri. Sebaliknya, ajarkan pula pada anak agar tidak mau menyentuh area pribadi orang dewasa.

“Kalau ada yang minta menyentuh bagian pribadi, seperti dada orang atau alat kelamin, katakan ‘kan itu bikin risih dan enggak nyaman’,” jelas Astrid.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini