Hati-Hati Moms, Terigu Picu Anak ADHD Mengamuk Tantrum

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 24 Maret 2017 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 24 481 1650775 hati-hati-moms-terigu-picu-anak-adhd-mengamuk-tantrum-n4bmeg4N4V.jpg Ilustrasi (Foto: Thebump)

TIDAK hanya perlakuan kepada anak, tetapi makanan untuk ana yang ADHD atau Attention Deficit and Hyperactivity Disorder juga perlu diperhatikan. Ada beberapa makanan tertentu yang ternyata memicu respon hiperaktif anak lho, Moms. Sebenarnya, apa saja sih makanan yang dimaksud?

 Dr Gitayanti Hadisukanto, SpKJ(K), psikiater anak dan remaja, menjawab bahwa anak-anak yang mengonsumsi gluten atau​ kafein, dapat menjadi lebih aktif dan bisa juga tantrum

"Di dalam penelitian memang belum terbukti. Tapi kira-kira anak ADHD berespons terhadap makanan tertentu seperti cokelat, bronis, apapun ga boleh," ujar dr Gita saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 23 Maret 2017.

Dr Gita menyebutkan, cokelat yang mengandung kafein, energi, kasein, memicu perilaku impulsif pada anak dengan ADHD.

Ia menambahkan, makanan yang mengandung terigu bisa memicu perilaku anak hiperaktif, meski terigu tidak seresponsif cokelat.

"Terigu tidak seresponsif cokelat. Makan roti misalnya, bisa saja jadi tidak bisa tidur dan​ mungkin mengalami tantrum," jelasnya.

Makanan dengan kandungan gluten tidak bisa mencerna dengan sempurna. Umumnya, rantai protein dipecah menjadi pendek. Dr Gita mengatakan, tubuh sulit mencerna kandungan gluten, sehingga tak bisa memecah rantai protein.

Rantai yang cenderung panjang ini condong mirip efek endorfin​, sehingga memicu perilaku hiperaktif pada anak. Mulai sekarang Moms, perhatikan betul asupan anak Anda yang memiliki ADHD ya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini