nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarik Wisatawan Mancanegara, Maluku Utara Gelar Lomba Mancing

Narjo Usman, Jurnalis · Sabtu 25 Maret 2017 17:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 25 406 1651152 tarik-wisatawan-mancanegara-maluku-utara-gelar-lomba-mancing-JV5saw68cw.jpg Maluku Utara gelar lomba memancing (Foto:TV)

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Maluku Utara, terus mempromosikan sejumlah lokasi parawisata yang belum dikenal masyarakat luas. Sebagai provinsi kepulauan, Maluku Utara memiliki ratusan wisata pantai yang eksotis.

Untuk menarik kunjungan wisatawan nasional maupun manca negara, Pemprov melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), sepanjang tahun 2017 ini bakal menggelar tiga lomba mancing di tiga kabupaten berbeda.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Maluku Utara, Buyung Rajilun, mengungkapkan tiga daerah dilaksanakan lomba mancing memiliki wisata pantai yang eksotis. Lomba pancing dimulai 18-20 Mei 2017 di Halmahera Timur, 27-29 Juli 2017 di Pulau Morotai dan event Widi International Fishing Tournament (WIFT) yang bakal berlangsung 25-29 Oktober 2017 di Halmahera Selatan.

"Kita harapkan wisata mancing menjadi destinasi wisata, kalau Maluku Utara kita dorong wisata pantai snorkeling atau wisata sejarah kita kalah dengan daerah lain," kata Buyung kepada Okezone, Sabtu (25/3/2017).

Khusus WIFT, Pemprov telah bekerja sama dengan komunitas Rumah Mancing untuk memperrebutkan piala presiden. Bahkan pesertanya tidak hanya dalam negeri tetapi sampai manca negara.

"Yang sudah pastikan bakal ikut itu dari Singapura, Malaysia, Thailan, Philipin, Australia, Jepang dan Amerika Serikat jadi tujuh negara yang nyatakan siap ikut," terang Buyung.

Pelaksanaan lomba di pulau Widi karena Widi memiliki keindahan alam sangat indah, bahkan terumbu karang yang bagus dan mempunyai ikan-ikan yang dicari dari pemancing.

"Widi itu sarangnya Tuna Gigi Anjing (dogtooth tuna) itu yang dicari oleh pemancing, di Widi cukup banyak potensinya," cetusnya.

Untuk persiapan, panitia telah menyediakan 50 unit kapal Inka Mina yang dimiliki para nelayan di Maluku Utara serta kapal nelayan lokal yang ada di Halmahera Selatan.

"Kita akan gerakkan ribuan kapal untuk mendukung kegiatan bertaraf internasional ini dengan kelas yang berbeda-beda pula," ungkapnya.

Bahkan hadir pula, asosiasi olaraga pancing dunia International Game Fish Association (IGFA), agar menggagas event internasiola yang sesuai standar, karena membutuhkan sarana prasarana seperti kapal pancing khusus serta pola penangkapan harus diatur untuk memenuhi standar internasional.

Bagi pelancong yang hobi memancing dan ingin ambil bagian, bisa mendaftar via online melalu Rumah Mancing. Event yang bakal dihadiri ribuan peserta ini direncanakan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Menariknya kita selenggarakan piala presiden dan presidennya hadir, ini baru pertama terjadi karena selama ini ada piala presiden tapi presiden tidak pernah hadir," akuinya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini