Apa Itu Cleansing Oil dalam Tahapan Skincare Korea?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 27 194 1652231 apa-itu-cleansing-oil-dalam-tahapan-skincare-korea-l3ECzuDJ1r.jpg Cleansing oil (Foto: Shutterstock)

DALAM rangkaian 10 langkah skincare Korea yang terkenal, pasti tidak absen disebutkan suatu produk yang bernama cleansing oil yang masuk dalam tahapan ritual double cleansing.

Namun pada nyatanya, banyak wanita yang belum memahami dan menggunakan cleansing oil dalam ritual perawatan kebersihan dan kecantikan kulit wajahnya.

Lalu sebenarnya apakah yang dimaksud dengan cleansing oil, lalu apa pula manfaatnya untuk kulit wajah? Cleansing oil sendiri ialah suatu produk cairan dengan bentuk tekstur minyak yang digunakan sebagai cleanser, atau pembersih wajah sehari-hari untuk membersihkan wajah dari sisa make-up yang menempel, hingga kotoran dan debu.

Cleansing oil menggunakan minyak-minyak yang baik untuk kulit dengan tujuan menghilangkan minyak-minyak yang buruk dan tidak berguna untuk kulit wajah, atau yang biasa disebut dengan ‘bad oils’.

Dalam penggunaannya, banyak yang merasa khawatir jika cleansing oil malah bisa membuat pori-pori wajah tertutup tersumbat oleh minyak, saat dipakai sebagai cleanser untuk membersihkan wajah. Padahal seperti dikutip Huffingtonpost, Senin (27/3/2017) cleansing oil ini ketika dibalurkan dan dipijatkan ke kulit wajah malah secara efektif akan mengeluarkan tumpukan kotoran pada pori-pori wajah tanpa membuatnya menjadi tersumbat dan tertutup. Sehingga pada akhirnya kulit wajah akan bersih, halus, dan terjaga kelembapannya karena cleansing oil menjaga pH kulit tetap seimbang tidak seperti halnya oil-free cleanser yang malah mengeluarkan kandungan alami minyak dalam kulit.

Disebutkan pula bahwasanya cleansing oil biasanya hadir dengan kandungan zat anti-oksida dan kandungan anti-aging yang meningkatkan kesehatan, tekstur, dan kecantikan kulit wajah. Selain kandungan dasar seperti contohnya campuran minyak botanical (zaitun, wijen, safflower, almond, biji anggur) dan ekstrak teh hijau dan melati, serta vitamin E dan vitamin C.

Cleansing oil sendiri tidak dipungkiri seolah menjadi momok bagi pemilik kulit wajah berminyak. Padahal kenyataannya, kulit wajah yang berminyak pun bisa menggunakan cleansing oil sebagai pembersih wajah. Untuk kulit wajah berminyak, disarankan untuk memilih cleansing oil dengan kandungan botanical amino acids yang secara efektif menghilangkan minyak berlebih pada wajah tanpa membuat wajah iritasi.

Lain lagi dengan kulit wajah kombinasi yang disarankan untuk memakai cleansing oil berjenis safflower oil yang membersihkan sekaligus melembapkan. Sedangkan kulit sensitif, lebih baik menggunakan cleansing oil dengan formula minyak zaitun yang menenangkan dan mencegah datangnya iritasi pada kulit.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini