nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Memilih Teman Jangan Sembarangan! Pilih yang Memiliki Karakter seperti Ini

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 29 Maret 2017 07:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 27 196 1652329 memilih-teman-jangan-sembarangan-pilih-yang-memiliki-karakter-seperti-ini-RUyMp0R5YG.jpg Pertemanan (Pixelstalk)

PERGAULAN remaja saat ini rentan terhadap pengaruh narkoba dan seks bebas. Untuk itu, penting sekali bagi remaja memilih teman agar tidak terjerumus pergaulan bebas.

Pertemanan yang positif setidaknya menjauhkan remaja dari lingkaran pergaulan yang dapat menarik mereka ke dalam ruang berbahaya. Oleh karena itu, para remaja disarankan memegang kunci rahasia dalam memilih teman agar tidak terpengaruh pergaulan bebas seperti berikut ini.

Pencapaiannya lebih tinggi

Pilihlah teman-teman yang lebih tinggi pencapaiannya dalam hal-hal positif. Misal dia punya bakat yang sudah dikembangkan, dia berprestasi di sekolah atau non-akademis. Bila dekat dengan mereka maka pikiran akan lebih luas dan terdorong melakukan hal yang sama atau lebih.

Cari yang punya hobi sama

Asal bukan hobi negatif, memilih teman yang memiliki hobi sama akan membuat persahabatan tahan lama. Setidaknya, aktivitas dan topik pembicaraan tidak melenceng ke hal negatif. Kecocokan ini akan membantu keduanya saling menjaga dan bertanggung jawab.

Teman yang saling menutupi kelemahan

Remaja memang masih labil sehingga mudah terpengaruh, maka carilah teman yang memberi pengaruh baik. Pilih teman yang bisa menutupi kekurangan. Jadi ketika salah satu goyah, yang satu menguatkan.

Saling memotivasi

Pilih teman yang memberi motivasi dan dorongan untuk mencapai tujuan besar. Teman yang baik akan selalu mengingatkan bahwa ada tujuan besar yang harus ditaklukkan jadi jangan sekali-kali melirik narkoba atau seks bebas yang dapat menghancurkan segalanya. Demikian dilansir Huffpost, Rabu (29/3/2017).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini