nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh, Rabies Bisa Merusak Saraf hingga Sebabkan Kematian

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 27 481 1651953 waduh-rabies-bisa-merusak-saraf-hingga-sebabkan-kematian-vzEGzTMz8O.jpg Rabies Anjing (Foto: Rabies Alberta Animal)

RABIES adalah penyakit zoonosis, karena menularkan dari hewan ke manusia. Bahayanya dapat merusak saraf, bahkan cepat menyebabkan kematian.

Dilansir Rabiesalliance, Senin (27/3/2017), virus rabies menyerang sistem saraf pusat yang menyebabkan gejala neurologis. Penyakit ini 99 persen tergolong mematikan manusia dengan cepat.

Rabies ditularkan lewat air liur hewan yang terkena virus rabies. Biasanya lewat gigitan hewan atau goresan.

Sebagian besar manusia tertular rabies dari gigitan anjing dan kucing. Atau mungkin seseorang juga tertular rabies akibat makan daging hewan lain yang tertular rabies.

Golongan yang paling rentan tertular rabies adalah anak-anak dan laki-laki dewasa. Diperkirakan 3,3 miliar orang hidup dengan risiko rabies.

Sekira 59.000 orang meninggal karena penyakit ini setiap tahun. Lebih dari setengah dari orang-orang yang meninggal adalah anak-anak.

Penyakit ini setidaknya dapat dicegah agar tak membahayakan diri Anda. Hewan peliharaan Anda harus disuntik antivirus rabies karena dapat mengancam nyawa manusia.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini