nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Komplikasi Diabetes Bisa Sebabkan Neuropati

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 13:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 27 481 1651970 hati-hati-komplikasi-diabetes-bisa-sebabkan-neuropati-V63TmTEQkq.jpg Diabetes (Foto: Boldsky)

PERILAKU hidup tidak sehat dan tidak mempertimbangkan asupan GGL (gula, garam, lemak) bisa saja menyebabkan diabetes. Bila sudah parah diabetes dapat menimbulkan komplikasi selanjutnya, yakni neuropati. Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan sistem saraf, sehingga memengaruhi sistem gerak.

Berarti, apakah penyakit ini hanya menyerang orang di usia tua? Tidak juga. Menurut dr Taufik Mesiano, SpS, spesialis saraf dan Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia cabang Jakarta, meski diabetes kerap dialami pada usia 40 tahun ke atas, tetapi ada juga yang memengaruhi usia dewasa muda. Sebab fatal diabetes ini dapat memicu terjadinya neuropati.

"Salah satu komplikasi diabetes adalah saraf-saraf di ujung jari tangan . Karena saraf ini butuh makanan dari pembuluh darah," ungkap dr Taufik kepada Okezone di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu 26 Maret 2017.

Dr Taufik melanjutkan, bila gula darah tinggi, saraf yang membutuhkan makanan dari pembuluh darah ini dapat memengaruhi kerusakan saraf ujung. Karena diabetes mengganggu saraf yang kecil pada tubuh, bukan yang besar.

Bahkan, tidak jarang pasien pengidap diabetes mengalami rasa kebas yang akibat gangguan neuropati. Biasanya pasien juga tidak merasakan sakit ketika luka pada ujung-ujung jari mereka. Bila kejadian sudah parah, dokter akan melakukan prosedur amputasi.

"Diabetes bahkan bisa diamputasi, kalau luka pasien biasanya tidak merasakan, lukanya sulit sembuh. Nah, bila (lukanya) sudah kena tulang, bisa diamputasi supaya enggak nyebar," pungkas dr Taufik.

(ren)

Berita Terkait

Neuropati

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini