nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duh, Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Tidak Sehat, Risiko Neuropati Mengancam!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 27 481 1652305 duh-gaya-hidup-masyarakat-indonesia-tidak-sehat-risiko-neuropati-mengancam-xZNAfab3Qv.jpg Kaki Pegal (Foto: Warta Sehat)

SEMAKIN maju tren gaya hidup kekinian membuat masyarakat kian dimanjakan. Mulai dari kecanggihan teknologi yang membuat orang jadi 'mager' (malas gerak). Ditambah lagi makanan lezat dengan proporsi gula, garam, maupun lemak berlebihan.

Kecenderungan gaya hidup tidak sehat ini bisa menempatkan mereka dalam risiko neuropati. Menurut Prof Dr dr Moh Hasan Machfoed, SpS(K), MS, Ketua Umum PP PERDOSSI dan konsultan neurologis, menyampaikan neuropati ini bisa disebabkan oleh diabetes, keracunan hingga saraf 'terperangkap'.

"Neuropati adalah penyakit. Gejala dari sakit saraf perifer ini, seperti anastesi, kebas, tidak merasakan apa-apa. Ini gejala sensorik Lama-lama bisa menjadi gejala motorik, terjadi kelumpuhan hingga "runtuh"," jelas Prof Hasan kepada awak media di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu 26 Maret 2017.

Dilanjutkan oleh dr Lily Sulistyowati, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, tren penyakit tidak menular meningkat secara drastis. Ditambah lagi, diabetes berkaitan erat dengan neuropati.

"Perkiraan pada tahun 2015 sudah terdapat 10 juta orang Indonesia menderita diabetes gangguan berat dan ringan, 50 persen di antara mereka sudah terkena neuropati," jelas dr Lily.

Tantangannya kini adalah membuat masyarakat paham, tahu, dan mau mengubah gaya hidup mereka. Dr Lily melihat, masyarakat sebenarnya sudah tahu soal gaya hidup yang tidak sehat, tapi mereka belum mau mengubah perilakunya. Misalnya saja kebiasaan merokok.

Selain itu, masyarakat cenderung jarang mengonsumsi serat. Riseksdas 2013 menunjukkan, 93,5 persen masyarakat Indonesia tidak suka makan buah dan sayur.

"Kita harus tahu apa saja makanan yang sehat buat kita dan apa yang kita harus kita hindari. Gula, garam, lemak, ini bahaya kalau berlebihan dan harus dibatasi," tukasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini