nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Ini 5 Profesi yang Berisiko Mengalami Neuropati

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 19:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 27 481 1652509 catat-ini-5-profesi-yang-berisiko-mengalami-neuropati-BldVQlqRem.jpg Pekerja Kantoran (Foto: Popsugar)

SEPERTI yang Anda ketahui, neuropati merupakan penyakit yang menyerang pembuluh darah perifer. Penyakit saraf ini memengaruhi alat gerak manusia.

Sebenarnya siapa saja yang berisiko terkena penyakit neuropati? Dr Taufik Mesiano, SpS, spesialis saraf dan ketua PERDOSSI cabang Jakarta, menyampaikan, mereka yang memiliki pekerjaan terlalu berat dan gerakan monoton berisiko besar mengalami neuropati.

Apakah Anda salah satunya? Nah, dr Taufik juga menyebutkan beberapa profesi yang memiliki risiko penyakit neuropati.

Pekerja industri

"Secara pengalaman klinik, kebanyakan dari industri. Di pabrik ia harus mengangkat barang berat," ungkap dr Taufik kepada Okezone di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu 26 Maret 2017.

Biasanya, pekerja industri yang mengangkat barang berat dengan gerakan monoton, kerap mengalami neuropati di area tubuh yang terpapar tekanan.

Pekerja kantoran dan sekretaris

Bila Anda pekerja kantoran duduk lama dan mengetik terlalu lama. Menempatkan beban pekerjaan pada tangan Anda. Bila rasa kesemutan mulai menjalar, ini salah satu awal gejalanya. Anda perlu segera mengistirahatkan lengan Anda.

Ibu rumah tangga

"Jangan salah, banyak juga loh dari ibu rumah tangga. Kebanyakan dari ibu rumah tangga yang mengulek berulang kali juga bisa kena," terang dr Taufik.

Ia menjelaskan kegiatan berulang seperti ini bisa berpotensi terjadi jepitan saraf. Namanya, carpal tunnel syndrome, sebagai bentuk gangguan neuropati juga

Wartawan

Bila Anda seorang wartawan, mencatat jawaban dari narasumber atau mengetiknya baik di komputer atau ponsel terlalu lama, dr Taufik memperingatkan untuk berhati-hati neuropati juga mengintai. Setidaknya, Anda memang perlu sedikit membuat otot tangan lebih santai dengan mengistirahatkannya.

Pengendara bermotor

Bagi Anda para pengendara motor atau berprofesi sebagai supir ojek, juga berpotensi mengalami neuropati.

"Apalagi kalau macet, tangan memainkan gas dan rem. Sering terjadi inflamasi dan peradangan di sini (pada pergelangan lengan)," tutup dr Taufik.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini