nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Cemas! Lakukan Ini bila Gejala Neuropati Kumat

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 20:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 27 481 1652521 jangan-cemas-lakukan-ini-bila-gejala-neuropati-kumat-IQohoHMdvr.jpg Neuropati (Foto: Diabetic Connect)

NEUROPATI bisa menyerang siapa saja, baik di usia muda maupun di usia tua. Terutama ketika seseorang memiliki profesi yang melibatkan gerakan monoton dan terlalu berat.

Dr Taufik Mesiano, SpS, spesialis saraf dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyebutkan beberapa profesi yang berisiko mengalami neuropati, seperti pekerja kantoran, pekerja industri, wartawan, supir ojek, dan bahkan ibu rumah tangga.

Bila Anda salah satunya dan kerap mengalami kesemutan, kebas, atau baal, inilah salah satu gejala gangguan neuropati. Lantas, harus bagaimana dong kalau sudah terjadi demikian?Tidak perlu cemas, dr Taufik punya saran yang mudah.

"Sebenarnya Anda perlu mengisitirahatkan lengan atau kaki yang terpapar oleh tekanan," terang dr Taufik kepada Okezone di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu 26 Maret 2017.

Bila sudah melakukan cara ini tapi tidak kunjung sembuh, dokter biasanya memulai dengan obat-obatan. Adapun fisioterapi juga dapat dilakukan untuk menghilangkan gejala.

Namun, dalam kasus parah, biasanya dokter akan melakukan prosedur operasi untuk meloloskan saraf yang kiranya terjepit.

"Yang paling berat itu (dlakukan prosedur) operasi, karena itu kan jepitan dan harus kita release," tandasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini