nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia Penyebab Utama Kulit Kusam

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 05:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 29 194 1653854 ini-dia-penyebab-utama-kulit-kusam-QuNBYZmovx.jpg kulit kusam (Foto: Youqueen)

MENCEGAH selalu lebih baik daripada mengobati. Ungkapan terkenal satu ini, memang cocok untuk menggambarkan situasi apapun. Termasuk salah satunya soal keadaan kulit wajah yang kusam.

Sebelum menghabiskan banyak biaya untuk mengatasi kulit wajah yang kusam tersebut. Tentu ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu, apa saja faktor-faktor dasar penyebab kulit wajah menjadi kusam. Agar nantinya solusi yang dilakoni menjadi tepat dan lebih efektif.

Seperti dikutip Goodhousekeeping, Kamis (30/3/2017) penyebab pertama kulit wajah kusam adalah kurangnya kulit wajah dieksfoliasi. Kurangnya intensitas exfoliating wajah ini menjadikan sel-sel kulit kering, kulit mati, kotoran dan debu menjadi tertumpuk. Jadi jangan heran kalau Anda sudah merasa optimal membersihkan wajah dua kali sehari, namun wajah tetap terlihat lusuh dan kusam.

Penyebab kedua ialah kurangnya tingkat kelembapan dalam kulit wajah. Mengoleskan pelembap di wajah menjadi hal penting karena olesan pelembap inilah berarti menambahkan lipids (lemak alami dalam kulit) serta menjadi lapisan yang mengunci jarak antara sel-sel dalam jaringan kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit wajah yang tidak hanya cerah namun juga halus.

Kurang minum air mineral disebutkan menjadi faktor penyebab kulit kusam yang selanjutnya. Jika tubuh kekurangan air alias dehidrasi maka hal ini akan secara langsung berefek pada kondisi tampilan luar kulit. Dehidrasi mengurangi volume peredaran darah dalam kulit, inilah yang membuat kulit akhirnya jadi pucat dan kusam seperti orang sakit.

Faktor penyebab selanjutnya adalah, sering tidur larut malam sehingga waktu istirahat tidak menjadi optimal. Tidur cukup adalah salah satu metode alami tubuh untuk merestorasi waktu bagi sel-sel kulit untuk memperbaiki dan beregenerasi. Semakin kurang waktu tidur, maka sel-sel kulit tidak akan bisa beregenerasi secara optimal.

Terakhir ialah faktor stress. Di mana disebutkn bahwasanya stress menyebabkan peningkatan cortisol, yang memberikan pengaruh pada kelancaran peredaran darah dalam kulit dan proses regenerasi kulit itu sendiri.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini