nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Misteri Kerajaan-Kerajaan Gaib di Indonesia, Ayo Berani Datang Enggak?

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 29 406 1653894 misteri-kerajaan-kerajaan-gaib-di-indonesia-ayo-berani-datang-enggak-fLewtkEyg9.jpg Gunung Merapi, Yogyakarta (foto: John Stenmayer)

KERAJAAN gaib di Indonesia telah lama melegenda dan tersebar di berbagai wilayah Nusantara. Cerita misteri hingga keangkeran menjadi nuansa yang meliputi tempat-tempat yang dipercaya menjadi pusat kerajaan gaib di Tanah Air.

Penasaran di mana saja kerajaan gaib di Indonesia? Simak ulasannya seperti dikutip dari Mister Aladin, Kamis (30/3/2017).

loading...

Alas Purwo

Alas Purwo bukan sekadar kawasan hutan lindung di Banyuwangi. Selain jadi rumah buat bermacam-macam tanaman dan binatang, di sini juga jadi kerajaan makhluk halus yang angker.

Konon, di tempat ini tapi di dimensi yang beda, jin dari seluruh dunia ngumpul dan hidup bersama. Dulu, raja-raja kita bahkan bersekutu dengan jin-jin di sini supaya bisa dapet kesaktian dan makin makmur.

Ada juga cerita yang bilang kalau kerajaan gaib Alas Purwo jadi tempat kaburnya para raja yang tak percaya agama. Nah, di sini juga banyak orang yang dateng buat minta wangsit dan harta berlimpah, raja gaib di sana memutuskan buat nutup gerbang masuk ke kerajaannya.

Kerajaan Gunung Merapi

Gunung Merapi termasuk salah satu dari 10 gunung aktif paling berbahaya di dunia. Konon, gunung ini pun jadi lahan kerajaan makhluk astral bernama Keraton Merapi yang dipimpin Eyang Merapi.

Dulu, Eyang Merapi dipercaya ikut ngebantuin Kerajaan Mataram ngalahin Kerajaan Pajang dengan menurunkan hujan abu vulkanik.

Penasaran di mana tepatnya lokasi kerajaan gaib di sini? Coba cek daerah batuan dan pasir di bawah puncak gunung yang disebut daerah Pasar Bubrah. Selain itu, ada juga Gunung Wutoh yang katanya jadi gerbang utama Keraton Merapi.

Katanya neh, Gunung Merapi dijaga Nyai Gadung Melati yang melindungi semua tanaman dan binatang yang ada di gunung. Selain itu, Keraton Merapi juga punya tempat penggembalaan ternak di hutan Pato Alap-Alap. Tapi, hewannya bukan sapi atau kerbau layaknya ternak manusia.

Jika kebetulan, Anda bisa papasan sama binatang keramat piaraan Eyang Merapi kayak macan putih dari Hutan Blumbang dan kuda asal Pato Alap-Alap. Serem ya!

Kerajaan Laut Selatan

#nyirorokidul #ratupantaiselatan #beutiful

Sebuah kiriman dibagikan oleh EndangTrisnani (@endang_tris) pada Nov 29, 2016 pada 6:07 PST

Hampir semua orang pasti sudah pernah denger tentang Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa kerajaan Laut Selatan. Tapi, rupanya gak cuma Sang Nyai yang berkuasa, karena ada beberapa versi cerita yang bilang kalau kerajaan ini pernah dipimpin beberapa sosok gaib.

Nah, yang paling terkenal adalah Ratu Nilakendra, permaisurinya Prabu Siliwangi. Setelah Kerajaan Pajajaran berhasil ditaklukkan Kesultanan Banten yang membawa agama Islam, Ratu Nilakendra ogah ngikutin jejak suaminya pindah agama.

Akhirnya, karena punya kesaktian yang tinggi, dia milih nyeburin diri ke laut terus ngelakuin ritual Mekso. Ritual ini bikin dia gak mati dan berubah jadi makhluk gaib.

Sang Ratu yang nyebur ke laut dalam keadaan hamil ini akhirnya ngelahirin dua putri kembar bernama Nyi Nilamsari dan Nyi Rantamsari. Nah, Nyi Nilamsari inilah yang akhirnya jadi pewaris tahta dengan nama Nyi Roro Kidul!

Sedangkan, Nyi Rantamsari menguasai pantai utara Jawa dan dikenal dengan sebutan Dewi Lanjar. Kalau ngomongin hal-hal mistis, banyak banget kejadian ganjil di sekitar wilayah kekuasaan mereka ini. Contoh paling terkenal adalah banyaknya orang yang ilang di laut gara-gara pakai baju warna hijau dan munculnya kereta kuda Sang Ratu di tengah laut.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini