Pisau Kesayangan Mulai Tumpul? Ini 3 Trik Simpel Mengasahnya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 30 298 1654644 pisau-kesayangan-mulai-tumpul-ini-3-trik-simpel-mengasahnya-Kdd4Zr2NI6.jpg Trik mengasah pisau (Foto:Sharply)

BAGI orang yang hobi memasak atau kaum ibu rumah tangga pasti membutuhkan pisau untuk memotong berbagai bahan makanan. Pisau yang tajam pasti jadi andalan, jika di rumah pisau sudah mulai tumpul maka saatnya mengasah.

Selain menggunakan batu asah atau alat asah modern, ada beberapa barang yang bisa dimanfaatkan untuk mempertajam pisau. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa barang dan trik yang bisa dilakukan untuk mengasah pisau.

Gunakan pantat gelas

Setiap rumah pasti memiliki alat makan berupa gelas keramik. Ambil mug keramik lalu balikkan hingga bagian bawah gelas ada di atas. Gesekkan pisau pada pantat gelas sebanyak beberapa kali hingga pisau tajam.

Gunakan amplas

Kertas amplas ternyata memiliki banyak fungsi salah satunya untuk mengasah pisau. Ambil selembar kertas amplas kemudian usapkan sambil ditekan pada bagian sisi pisau. Ulang langkah ini beberapa kali hingga pisau dirasa cukup tajam.

Gunakan pisau lainnya

Pernah melihat seorang koki mengadu dua pisau? Ini adalah cara klasik untuk mengasah pisau. Ambil dua buah pisau lalu adu keduanya selama beberapa saat. Cara ini cukup cepat membuat pisau kembali menjadi tajam tetapi dibutuhkan kewaspadaan yang ekstra agar tidak melukai tangan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini