nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Putus Asa! Depresi Bisa Diatasi dengan Cara Ini

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 09:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 30 481 1654154 jangan-putus-asa-depresi-bisa-diatasi-dengan-cara-ini-8NoJQtg8yR.jpg Stres karena pekerjaan (Foto: Zeenews)

​PERMASALAHAN yang tidak kunjung usai, ditambah lagi persoalan lain yang menekan batin, kerap membuat orang mengalami depresi. Ketika depresi, seseorang cenderung mencari kelegaan yang juntrungnya malah merugikan diri mereka.

Mencegah hal yang tidak diinginkan, David Richards, profesor rieset pelayanan kesehatan mental dari University of Exetes, menawarkan beberapa tips untuk mengatasi depresi.

Tetap bersosialisasi

Janganlah menarik diri dari kehidupan. Bersosialisasi dapat meningkatkan mood Anda. Tetap berhubungan bersama teman-teman dan keluarga. Bicarakan masalah Anda pada orang yang bisa membuat diri lebih nyaman dan tidak merasa direndahkan.

Lebih aktif

Cobalah untuk berolahraga. Latihan dapat mengangkat suasana hati dan melupakan masalah Anda sejenak. Setidaknya berjalan kaki atau jogging selama 20 menit akan membantu.

Hadapi ketakutan Anda

Menghindari masalah memang tidak akan menyelesaikan persoalan. Kumpulkan semua keberanian, tepis kecemasan sejenak, dan hadapi kenyataan. Meski menyesakkan, menghadapi ketakutan justru akan melegakan perasan Anda.

Hindari alkohol

Kebanyakan orang mengonsumsi alkohol lebih dari batas untuk menyembunyikan emosinya. Namun, alkohol tidak akan membantu memecahkan masalah dan membuat Anda merasa lebih tertekan.​ Demikian disadur dari laman NHS, Kamis (30/3/2017).

http://www.nhs.uk/Conditions/stress-anxiety-depression/Pages/dealing-with-depression.aspx

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini