nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gabung Kelas Yoga Cegah Orang Alami Depresi, Ini Buktinya!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 13:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 30 481 1654483 gabung-kelas-yoga-cegah-orang-alami-depresi-ini-buktinya-Ue0sxKCFwd.jpg Latihan Yoga (Foto: Ist)

TREN yoga belakangan ini banyak disukai oleh kaum urban. Beberapa penelitian menunjukkan, jika seseorang rajin mengikuti kelas yoga, dirinya bisa terhindar dari depresi.

Yoga, menurut para ahli, banyak memiliki sifat anti-depresan. Orang yang ikut kelas yoga lebih cermat untuk mengelola stres setiap hari.

"Studi ini mendukung latihan yoga dan intervensi pernapasan untuk mencegah orang depresi," kata Peneliti Chris Streeter, Associate Professor di Boston University School of Medicine di Amerika Serikat.

Gangguan depresi mayor (MDD) adalah umum, berulang, kronis dan disabling.The Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative dan Complementary Medicine, memberikan dukungan untuk penggunaan intervensi berbasis yoga sebagai alternatif atau suplemen untuk perawatan farmakologis untuk depresi.

Sementara itu, berdasarkan data global, orang banyak yang mengalami depresi, apalagi yang tinggal di perkotaan. 40 persen dari mereka memilih untuk minum obat anti-depresan yang mengandung efek samping.

Dengan melakukan yoga seharusnya Anda mudah mencegah gejala depresi. Lakukanlah yoga minimal 90 menit seminggu, bisa dipraktikkan di rumah atau mengikuti kelas yoga.

Para peneliti percaya, orang yang mengikuti kelas yoga setiap hari, suasana hatinya selalu bahagia. Dibandingkan dengan minum obat anti-depresan, malah terkadang moodnya bisa kacau.

"Yoga dapat membuat tubuh untuk memproduksi serotonin, dopamin dan norepinefrin secara alami," jelas Streeter, dilansir Boldsky (30/3/2017).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini