nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Putus Asa, Depresi Bisa Diatasi Kok!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 30 481 1654827 jangan-putus-asa-depresi-bisa-diatasi-kok-SHWw1IyB9n.jpg Depresi (Foto: Medscape)

MASALAH seakan menghimpit dan membuat Anda jadi jatuh telak. Mulanya stres, kini berkembang jadi depresi. Namun, jangan cenderung putus asa dan menyerah pada keadaan depresi. Lakukanlah hal yang mampu mengangkat suasana hati Anda.

Mencegah stres menjadi depresi tentu bisa dilakukan. Dr AAA Agung Kusumawardhani, SpJK (K), spesialis kesehatan jiwa, mengatakan bahwa hobi menjadi salah satu "obat" mencegah depresi.

"Biasanya yang direkomendasikan itu hobi. Sebaiknya kita mengembangkan hobi. karena hobi kan sesuatu yang menyenangkan," jelas dr Agung di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).

Ketika seseorang mengerjakan hobinya, ia akan lebih bahagia, senang, dan produktif. Metode ini mampu mengusir rasa depresi yang justru merugikan dirinya.

Bila seseorang sudah tidak ingin melakukan hobinya, orang terdekatnya perlu waspada. Setidaknya, dr Agung menyarankan agar seorang terdekat menghiburnya dengan memancingnya kembali melakukan hobi.

Selain itu, RSJ Dr Soeharto Heerdjan Jakarta, memberikan tips mengatasi depresi:

- Perubahan gaya hidup lebih sehat, dengan melakukan aktivitas fisik, cukup tidur, mengatur stres, dan mencari teman lebih banyak

- Carilah bantuan profesional

-Terapi obat-obatan

- Cari dukungan dari orang terdekat

- Gunakan waktu sampat merasa lebih baik

- Jangan malu dan putus asa bahwa Anda mengalami depresi

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini