nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Depresi Bisa Dicegah saat Usia Anak-Anak, Ini Penjelasannya!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 30 Maret 2017 18:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 30 481 1654851 depresi-bisa-dicegah-saat-usia-anak-anak-ini-penjelasannya-ZE7e5K8m64.jpg Anak stres (Foto: CNN)

KEHIDUPAN masyarakat serba modern ini terkadang membuat seseorang terseret arus kompetisi, baik di dalam pekerjaan atau gaya hidup. Mereka yang cenderung tidak tahan banting secara mental, bisa saja mengalami fase depresi di dalam hidupnya. 

Sebetulnya, cara mencegah depresi bisa dilakukan pada usia anak-anak. Menurut dr AAA Agung Kusumawardhani, SpJK (K), spesialis kesehatan jiwa, pengembangan konsep diri ini dimulai dari dalam keluarga. Apakah seorang anak mendapat penghargaan atas prestasinya, tentu akan meningkatkan kepercayaan dirinya dan berpengaruh pada masa dewasanya nanti.

Bila ia sama sekali tidak dihargai pada masa kanak-kanaknya, di sinilah ketahanan mental seseorang menjadi lemah.

"Kalau itu tidak terjadi, di situ yang berbahaya. Kalau anak tidak punya konsep diri yang bagus, sangat labil di remajanya, ia akan mudah terpengaruh lingkungannya," jelas dr Agung di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).

Ketika seseorang kalah atau gagal menjalani sesuatu dan cenderung depresi, sementara konsep dirinya lemah, bisa saja ia mengalami depresi. Sementara orang dengan konsep diri yang kuat, ia akan paham bahwa kegagalan hanyalah fase di dalam hidup.

"Kalau ia punya daya tahan (mental) yang bagus, kehidupan itu ada masanya di atas dan di bawah, mau coping dengan itu. Jika ia tidak punya konsep diri yang bagus, tenggelam ia di kehidupan kompetitif itu," terang dr Agung.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini