nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Sunblock bagi Ramon Y Tungka saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 01 April 2017 13:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 01 194 1656318 pentingnya-sunblock-bagi-ramon-y-tungka-saat-beraktivitas-di-luar-ruangan-DfIHkL6V7a.JPG Ramon Y Tungka (foto: Instagram/@ramonytungka)

AKTIVITAS di luar ruangan membuat kulit membutuhkan perawatan yang tidak hanya melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, tetapi juga menjaga kelembapan kulit. Apalagi bagi mereka yang menyukai wisata luar ruang atau outdoor, seperti mendaki gunung, liburan di pantai, hingga diving.

Karena itu, penting untuk selalu melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat bepergian, tak terkecuali saat berlibur. Hal ini pula yang dilakukan oleh aktor Ramon Y Tungka.

Menghabiskan waktu kurang lebih tiga minggu untuk syuting film di wilayah Indonesia Timur dengan panas matahari yang cukup terik, membuat Ramon membutuhkan perawatan khusus untuk melindungi kulit wajah dan tubuhnya.

Dan, sunblock menjadi salah satu produk perawatan kulit yang tidak pernah absen diaplikasikannya selama proses syuting berlangsung. Ramon pun menyadari bahwa aplikasi sunblock menjadi hal yang sangat penting. Terutama agar terhindar dari risiko kanker kulit.

"Sunblock penting banget buat saya. Bukan soal laki-laki atau tidak pake itu (sunblock-red), awalnya memang saya sempat berpikir untuk apa laki-laki pakai gituan'. Tetapi, setelah melihat beberapa aktor Hollywood yang terkena kanker kulit, saya mulai berpikir memakai sunblock. Ya walaupun saya juga enggak tahu apakah mereka terkena kanker kulit karena enggak pakai sunblock atau seperti apa," tutur Ramon Y Tungka yang ditemui Okezone di Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat.

Lantaran hal tersebut, Ramon pun menjadi lebih rajin mengaplikasikan sunblock saat beraktivitas. Termasuk saat melakukan proses syuting yang banyak mengambil lokasi di luar ruangan.

"Kanker kulit itu enggak terdeteksi lho tanda-tandanya. Awalnya bisa dari kulit mengelupas. Karena itu, buat saya sekarang perlu pakai sunblock. Bahkan, saat syuting saya mengoles di wajah sampai ke area mata juga," ujarnya.

Soal frekuensi pengaplikasian, Ramon menjelaskan jika selama proses syuting ia mengaplikasikannya setiap tiga jam sekali. Dimulai sejak bangun tidur di pagi hari, yakni pukul 06.00 pagi, kemudian diaplikasi kembali pukul 10.00 pagi, dilanjut seusai makan siang, dan jam 15.00 siang.

"Dari krunya sendiri ada yang mengontrol untuk menyuruh pakai sunblock lagi. Karena kan demi kebutuhan kontinuitas, jangan sampai awal syuting kulitnya putih, tengah-tengah hitam, lalu kulitnya putih lagi," paparnya.

Selain penggunaan sunblock, pria kelahiran 1984 ini juga rutin menggunakan pelembap sebagai bentuk proteksi kulit terhadap sinar matahari. Tak hanya saat berlibur, aktivitas sehari-hari pun Ramon juga rutin menggunakannya.

"Sehari-hari saya pakai pelembap. Kulit saya tipenya kering apalagi kalau habis pergi dari pantai atau turun gunung. Termasuk di tempat dingin pun saya pakai pelembap. Karena buat saya bukan soal kecantikan, tetapi kesehatan dulu, baru keindahan," tutupnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini