nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Tepat Mencuci Bra dengan Mesin Cuci

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 04 April 2017 05:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 03 194 1657781 6-cara-tepat-mencuci-bra-dengan-mesin-cuci-ECljCEGLWm.jpeg Victoria Secret (Foto: Timeout)

SEJAK dahulu pasti kita kerap diberi nasihat untuk mencuci pakaian dalam, salah satunya yakni bra dengan metode mencuci langsung dengan tangan oleh ibu atau nenek kita.

Namun tidak dipungkiri, bahwa dengan kesibukan sehari-hari yang padat. Waktu dan energi untuk sekedar mencuci bra dengan tangan, sudah tidak tersedia. Sehingga akhirnya kita lebih memilih untuk menggunakan cara yang cepat dan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin cuci otomatis.

Nah, supaya bra berumur panjang dan tidak cepat usang dan rusak walau dicuci dengan mesin cuci. Ada 6 pedoman yang harus dilakoni agar bra tetap awet walau masuk mesin pencuci, apa saja 6 pedoman tersebut? Baca penjelasannya berikut ini, seperti dilansir Cosmopolitan, Selasa ( 4/4/2017).

Setel putaran mesin cuci

Buat setting putaran (cycle) mesin cuci dengan benar saat mencuci bra, pilihan setelan cycle yang benar ialah gentle atau delicate cycle yang menghasilkan gerakan yang lamban saat mencuci bra. Karena putaran jenis ini paling mendekati replika mencuci dengan tangan.

Pilih deterjen yang sesuai

Tahukah Anda bahwasanya di pasaran sudah tersedia banyak sabun pencuci atau deterjen yang dibuat khusus dengan formula untuk mencuci bra, dan bahan garment lainnya yang lembut dan rapuh seperti bahan kasmir. Untuk mencuci bra, memang disarankan sebaiknya memilih deterjen khusus bra. Tinggal sesuaikan saja dengan budget yang tersedia, bisa sabun yang ekonomis, eco-friendly, sampai yang high end.

Tempatkan dalam kantung terpisah 

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi saat mencuci bra dengan mesin cuci, ialah tali dan kawat pengait bra kerap tergulung dan tersangkut dengan busana lainnya. Nah untuk menghindari hal ini berulang-ulang terjadi, masukkan bra yang hendak dicuci (secukupnya-jangan sampai kepenuhan) ke dalam zip-up mesh bags atau kantung terpisah , baru kemudian cuci seperti biasa di mesin cuci. Dengan cara ini, maka tali dan kawat pengait bra akan terhindar dari tersangkut di kain busana lain.

Pisahkan dengan outfit berat 

Bra tidak semestinya bergabung dengan outfit-outfit yang punya material bahan yang berat. Contohnya seperti jeans, sweatshirts, dan handuk. Karena jika dicampurkan dengan bra, busana tersebut akan merusak keelastisitasan, besi, dan tali plastik yang terdapat pada bra.

Bilas di bawah air mengalir

Salah satu trik yang tidak banyak diketahui ialah, dalam mencuci bra ialah. Sebetulnya bra bisa dicuci dengan cara membilasnya langsung dilakukan di bawah air pancuran alias shower. Metode ini akan membantu minyak dan kotoran yang terdapat pada bra lebih mudah hilang.

Keringkan alami 

Setelah usai dicuci, dalam metode pengeringan wajib dilakukan dnegan metode pengeringan alami alias dijemur diangin-anginkan hingga kering dengan sendirinya. Posisikan bra dengan cara dibentangkan mendatar. Jika digantung malah akan membuat bra menjadi longgar, melar menurun.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini