Image

Sudah Makan tapi Rasanya Lapar Terus-menerus, Kenapa Ya?

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 03 April 2017, 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 03 481 1657822 sudah-makan-tapi-rasanya-lapar-terus-menerus-kenapa-ya-AnktjQeQ4J.jpg Ilustrasi (Foto: Metro)

MAKANAN adalah salah satu kenikmatan hidup yang tidak bisa ditolak, apalagi dalam kondisi lapar. Namun, jika sudah makan tapi rasa lapar tidak hilang juga, ini yang patut dipertanyakan.

Melansir laman Metro, Senin (3/4/2017), ternyata ini lho alasannya Anda merasa lapar terus-menerus.

Makan terlalu banyak karbohidrat

Kebanyakan makan makanan berkarbohidrat semalam sebelumnya bisa saja berakibat pada rasa lapa ekstra pada hari berikutnya. Pasalnya, karbohidrat cepat diserap ke dalam tubuh dan menyebabkan lonjakan insulin, hormon ini merangsang sel-sel tubuh untuk mengambil glukosa. Ketika tidak ada gula di dalam darah, inilah yang menyebabkan rasa lapar terus-menerus.

Kurang tidur

Tidak cukup tidur menimbulkan efek rasa lapar. Durasi tidur yang pendek menurunkan kadar hormon leptin yang bertugas menghambat rasa lapar dan meningkatkan hormon ghrelin, yang merangsang rasa lapar.

Dehidrasi

Kadang rasa haus bisa menjelma menjadi rasa lapar. Ketika ada rasa lapar timbul, coba minum dua gelas air mineral. Bila rasa lapar hilang, itu tandanya Anda haus. Air yang masuk ke dalam tubuh dimanfaatkan sel-sel untuk penyerapan makanan di dalam tubuh.

Saat menstruasi

Jelang atau pada saat menstruasi, biasanya wanita mengalami peningkatan nafsu makan. Untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah, Anda perlu mengonsumsi makanan berbasis protein, seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Minimalkan pula makanan yang berbahan gula olahan dan halus, serta berkarbohidrat.​

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini