Share

Serba-serbi Manfaat Jahe untuk Kecantikan

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 04 April 2017 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 04 194 1658726 serba-serbi-manfaat-jahe-untuk-kecantikan-syWmtNRl3w.jpg Manfaat Jahe untuk kecantikan (Foto: Boldsky)

JAHE sebagai rempah-rempah, memang telah terkenal dan memiliki reputasi sebagai bahan alami untuk penyembuhan.

Jahe biasanya dijadikan obat untuk mengatasi mulai dari masuk angin, sakit perut, demam, hingga gejala flue. Namun tahukah Anda, ternyata jahe memiliki manfaat untuk kecantikan? Penasaran apa saja manfaat mengejutkan air jahe untuk kecantikan? Sontek yuk penjelasannya berikut ini, sebagaimana disitat Byrdie, Selasa (4/4/2017).

Menyamarkan bekas luka

Mengandung kandungan zat anti-oksidan. Jahe disebutkan bisa membantu untuk menyamarkan bekas luka (bekas luka yang berwarna putih atau berwarna lebih terang daripada skin tone). Caranya hanya tinggal membalurkan seiris potongan jahe segar ke area kulit yang terdapat bekas luka sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari. Dalam hitungan bulan, akan terlihat bahwa bekas luka secara perlahan namun pasti akan memudar.

Mengangkat kulit mati

Jahe dengan kurang lebih kandungan 40 zat alami anti-oksidan nya, dapat digunakan untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Proses merejunevasi kulit alias pengangkatan sel-sel kulit mati ini cukup dengan membuat masker yang dibuat dari campuran jahe parut atau bubuk, madu, dan air perasan lemon (masing-masing dengan rasio yang sama). Kemudian balurkan ke wajah secara merata, diamkan 30 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

Menstimulasi pertumbuhan rambut 

Pletora vitamin, mineral, dan fatty acuds yang ada di jahe membuat jahe jadi bahan alami yang tepat digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut baru, menguatkan batang rambut, dan mengatasi kerontokan. Tinggal campurkan jahe dan minyak jojoba, lalu balur dan pijat rambut serta kulit kepala dengan masker alami ini selama 30 menit. Bilas rambut hingga bersih dengan sampo seperti biasa.

Melawan ketombe

Kandungan antiseptik pada jahe, jadi bahan yang pas untuk melawan ketombe yang mengganggu. Rutinlah memijat kulit kepala dengan minyak jahe selama 15 hingga 20 menit dengan intensitas dua kali dalam seminggu. Voila! Ketombe tidak lagi hadir mengganggu.

Mengurangi selulit

Kurangi penampakan selulit dengan membuat body scrub dari jahe. Campurkan 59 ml minyak zaitun, 64 gran gula, 2 sendok makan jahe parut, dan parutan kulit 1 buah lemon. Scrub area kulit yang terdapat selulit dengan scrub jahe alami di atas, sisa scrub yang belum terpakai bisa disimpan dalam lemari pendingin hingga satu minggu kemudian.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini