Share

3 Rekomendasi Restoran untuk Manjakan Lidah dengan Kelezatan Khas Asia & Italia

Santi Andriani-Devi Setya Lestari-Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 04 April 2017 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 04 298 1658416 3-rekomendasi-restoran-untuk-manjakan-lidah-dengan-kelezatan-khas-asia-italia-VIbw3RYY9S.jpg Menu asia di kafe legendaris di Singapura (Foto:Santi/Okezone)

SEDANG ingin mencicipi makanan khas Asia seperti kari dan laksa, atau menikmati lezatnya kuliner khas Italia seperti pasta.

Sejumlah tempat makan di Jakarta pun menawarkan kelezatan cita rasa khas Asia seperti Malaysia atau Singapura. Sebut saja seperti hainanese curry chicken with rice, spaghetti laksa with tiger prawn, penang curry rice noodle.

Okezone memberikan rekomendasi sejumlah tempat makan yang bisa Anda tuju ketika lidah ingin dimanjakan dengan kelezatan khas Asia dan Italia.

 

Menikmati suguhan khas Asia dan kopi di kafe legendaris Owl Cafe

Sudah 60 tahun berdiri sejak 1956, kafe legendaris asal Singapura Owl Cafe akhirnya membuka cabangnya yang pertama di Indonesia. Soal menu dan rasa, kafe ini memiliki cita rasa Asia yang tentu juga akrab di lidah orang Indonesia.

Untuk cabang di Jabodetabek, kafe yang suguhan utamanya adalah kopi ini memilih Jakarta tepatnya di Gandaria City untuk gerai pertamanya. Grand launching belum lama digelar, tepatnya pada Rabu pekan lalu.

"Beragam resep kopi yang dipengaruhi gaya straits Asian telah teruji lebih dari 60 tahun dan menjadi andalan. Diperkuat juga dengan hidangan lain yang memadukan makanan dan minuman straits asian," kata Director of Operation Mr. Kalvin Chan dalam pembukaannya.

Okezone berkesempatan mencicipi berbagai menu andalan, baik makanan dan minuman, juga tidak terkecuali kopi. Cita rasa khas Asia seperti kari dan laksa pun tidak luput dari yang disuguhkan. Namun demikian beberapa menu Western juga disuguhkan atau sebagai menu fusion.

Sebagai menu pembuka adalah dua varian salad. Smoked duck and orange salad with manggo dressing adalah perpaduan sayuran dengan beberapa slice daging bebek yang empuk dan aroma panggangnya sangat terasa, keunikannya adalah dengan dressing saus mangga yang menggunakan jenis mangga arum manis. Salad kedua yakni soft shell crab salad dengan wasabi mayo dressing. Kepiting digoreng balur tepung dan dipotong menjadi beberapa bagian, kerenyahannya berpadu nikmat mengantarkan menyantap sayuran menjadi lebih menyenangkan.

Menu utama adalah hainanese curry chicken with rice. Satu hal pertama yang mencengangkan adalah porsinya yang lumayan besar, isianya terdiri dari beberapa potong ayam, tahu, dan kentang. Warna kuning kuah karinya sangat pekat, bayangan pertama yang timbul soal rasanya adalah rasa karinya yang mendok. Tapi dugaan ternyata saya salah. Meski warnanya pekat tapi rasa kari cukup light alias ringan, cocok di lidah sebagai menu santap siap yang nyaman di perut. Menu kedua adalah spaghetti laksa with tiger prawn. Tampilan warnanya tidak jauh berbeda dengan kari, namun ketika dicoba, rasanya cenderung manis. Tiger prawnnya memiliki tekstur kenyal, isiannya ditambah telur rebus dan beberapa slice fish cake.

 

Makan berat usai, saatnya lidah dimanjakan dengan aneka dessert yang juga khas Asia. Ini yang dinanti-nanti. Akhirnya mango pomelo soya pudding dan durian pengat pun tiba di meja Okezone. Menikmati mango pomelo soya pudding, mulut tidak mau berhenti mengunyah lembut. Meski terbuat dari kedelai, tapi rasanya jauh dari kata membosankan, ini juga karena paduan potongan mangga yang cenderung asam, memberi rasa yang mengejutkan. Siapa yang bisa menolak durian. Yup, durian pengat pun tidak kalah enaknya. Bubur duriannya sangat lembut dan aromanya sangat menggoda.

 

Soal minuman salah satu yang juga andalan adalah kopi gula malaka. Okezone sempat mencicipi minuman ini. Rasanya menyegarkan karena saat itu disajikan dingin. Gula yang dibawa khusus dari Malaysia menjadi saus karamel di dasar cangkir dan begitu diaduk dan dicicipi rasanya berpadu apik dan menyegarkan. Sebagai penutup kurang afdol jika tidak menyurup secangkir kopi. Kopi O pun menjadi pilihan. Sebenarnya cita rasanya tidak terlalu pahit, namun karena saya bukan penikmat berat kopi, saya pun menambahkan sedikit brown sugar yang membuat rasanya sedikit lebih baik menurut saya.

Mencicip Sensasi Nasi Goreng Iga dan Kuliner Peranakan di Restoran Gourmet Bar

Setiap hotel berbintang pasti memiliki restoran yang siap memanjakan tamunya dengan berbagai hidangan lezat. Konsep Asia dan Eropa sering menjadi andalan, tapi di restoran yang satu ini konsep yang diangkat adalah kuliner melayu peranakan yang menjanjikan rasa menggoda.

Tidak banyak restoran yang khusus menyuguhkan menu khas peranakan melayu. Tapi khusus di Jakarta Utara tepatnya di restoran Gourmet Bar yang berlokasi di Hotel Novotel, Mangga Dua Square, suguhan hidangannya spesial bercita rasa autentik kuliner peranakan yang dipadu dengan cita rasa Asia dan ditampilkan secara apik bak sajian Eropa.

 

Okezone berkesempatan mencicip beberapa kuliner yang menjadi andalan restoran berkonsep kasual modern ini. Sebagai menu pembuka, Okezone mencicipi tun melt sandwich yang hadir dengan platting unik berupa lempeng kayu berbentuk memanjang. Roti sandwich yang digunakan adalah jenis sunflower bread yang bertabur wijen dan bertekstur padat lembut. Sebagai topping diberi tuna chunck gurih beradu dengan lembutnya melted cheese cheddar oranye dan fresh vegetable salad yang segar bertekstur kres kres. Sementara pelengkapnya adalah french fries dan coeslaw salad yang tak kalah lezatnya.

Masuk ke menu andalan yakni nasi goreng iga yang konon rasanya mampu membius lidah siapapun yang mencicip. Ya, benar saja racikan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan terasi sempurna jadi bumbu nasi goreng yang bercita rasa gurih sedap ini. Sebagai teman makan nasi goreng, ada potongan iga bakar empuk beroles kecap dan ketumbar. Sekali kunyah, dijamin lidah tak ingin berhenti goyang. Menu ini juga yang jadi favorit Okezone, sedap!

 

Puas makan, saatnya melegakan tenggorokan dengan red pattaya. Minuman racikan bartender ini terbuat dari buah naga merah, terong belanda, susu kental manis dan yogurt. Rasa manis asam yang menyebar di rongga mulut sukses membangunkan mood serta menyegarkan. Belum lagi tambahan ekstrak sirup mint yang menghasilkan sensasi dingin yang tipis.

Jangan khawatir jika bertandang ke restoran ini karena banyak sederet menu spesial lain yang siap memanjakan lidah seperti penang curry rice noodle, kwe tiaw siram, dan minuman seperti frosty sangria.

Lezatnya pasta dan suguhan khas Italia di Sapori Deli Restaurant

ITALIA tidak hanya melulu soal pizza saja, negara yang dianggap paling eksotis di Eropa ini juga dikenal berkat kelezatan pastanya. Hidangan tersebut begitu digemari karena memiliki sensasi gurih yang menggoda.

Berbicara soal pasta, salah satu hotel di bilangan Jakarta, Fairmont Jakarta, mengundang khusus seorang chef asal Italia bernama Antonio Facchinetti. Chef Antonio dikenal akan pengalamannya dalam mengolah makanan khas Italia.

 

Berasal dari Ponte di Legno (Brescia) di wilayah Lombardy, Chef Antonio memulai karirnya pada 1987 di Vessani, sebuah restoran yang dianugerahi 2 bintang Michelin di Orveito.

Ia kemudian menjelajah berbagai negara di dunia termasuk Los Angeles, Sydney, Thailand, dan kini ia tengah menetap di Singapura.

Nah, dalam kunjungannya ke Indonesia beberapa waktu lalu, Chef Antonio sempat menjelaskan bahwa mengolah pasta yang otentik harus dibuat secara baru dengan tangan dan passion.

"Walaupun memakan waktu yang lama, pembuatan pasta secara masal tidak akan sebaik pasta yang diadoni dan digiling langsung dengan tangan," tutur Antonio ketika bertemu dengan rekan-rekan media, di Sapori Deli, Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Selain memaparkan fakta-fakta unik tentang pasta, pria ramah itu juga menyuguhkan beberapa menu khas Italia seperti caraccio di wagyu, bigoli con baccala, agnello in crosta, zuppa di fregola, dan tortal al cioccalato.

 

Menu pertama yang Okezone cicipi adalah caraccio di wagyu. Hidangan ini terbuat dari wagyu beef, quali egg yolk, parmesan chips, garden herbs, dan grated black truffle. Rasanya yang ringan dan gurih, memang sangat pas untuk dijadikan sebagai sajian pembuka.

Selanjutnya ada bigoli con baccala. Sesuai dengan namanya, menu yang satu ini terdiri dari pasta bigoli segar yang diolah secara handmade, kemudian disajikan dengan saus venetian dan tambahan black olive serta baccala (ikan cod). Jika Anda menyukai sajian pasta yang lembut, kenyal, dan gurih, bigoli con baccala bisa menjadi pilihan terbaik.

 

Untuk hidangan penutup, Chef Antonio menyuguhkan torta al cioccalato yang tidak lain merupakan dessert favoritnya. Chocolate cake berukuran besar ini, memiliki cita rasa manis yang pas dengan teksur lembut yang dapat memanjakan mulut Anda. Hidangan yang pas untuk disantap setelah menikmati rangkaian menu lezat termasuk main course yang menggugah selera. Yummy!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini