Mau Menjajal Bikin Kue Lapis Legit? Pelajari Dulu Tipsnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 05 April 2017 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 298 1659254 mau-menjajal-bikin-kue-lapis-legit-pelajari-dulu-tipsnya-zK1CFCwcWl.jpg Lapis legit (Foto:Infokuliner)

LAPIS legit merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat digemari berbagai kalangan. Sesuai dengan namanya, hidangan ini memiliki tekstur berlapis-lapis sehingga diperlukan beberapa kali proses pengolahan untuk bisa membuat seporsi kuel lapis legit nan lezat.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengolahnya, berikut beberapa fakta penting serta tips membuat kue lapis legit yang bisa Anda coba di rumah, sebagai dikutip dari buku Cake Lapis Panggang & Kukus Ala Cake Shop Favorit, karyaKarma Yen Ismayani, Rabu (5/4/2017).

Timbang bahan sesuai resep dan persiska dengan teliti.

1.Kocok adonan hingga benar-benar mengembang dan saat mengaduk tepung harus perlahan-lahan.

2.Jika di dalam resep menggunakan mentega kocok, kocoklah hingga benar-benar lembut dan jauhkan dari tempat atau ruangan panas agar mentega kocok tidak meleleh.

3.Saat membagi dua adonan dan mencampurnya dengan bahan lain, lakukan pengadukan dengan spatula secara perlahan. Cara ini sangat ampuh agar adonan tidak cepat turun.

4.Kue lapis legit harus dipanggang di atas api untuk memberi warna cokelat yang rata pada bagian atasnya.

5.Saat menunggu adonan dipanggang, jangan terlalu sering mengaduk adonan lainnya agar tidak pecah. Simpahlah dalam ruangan yang sejuk.

6.Untuk cake lapis yang dikukus, siapkan kukusan terlebih dulu dan panaskan. Usahakan airnya jangan terlalu banyak agar tidak kena loyang saat dikukus.

7.Gunakan kukusan yang uap airnya bisa turun dan tidak kena permukaan kue. Jika tidak ada, tutup dengan serbet untuk menghindari tetesan air.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini