Sederhana Tapi Menggoda, 3 Olahan Kue Tradisional Berbahan Singkong

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 05 April 2017 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 298 1659467 sederhana-tapi-menggoda-3-olahan-kue-tradisional-berbahan-singkong-GGzvpTn0VC.jpg Kue singkong (Foto:Makanajib)

KUE tradisional Indonesia banyak diolah menggunakan hasil alam seperti berbagai jenis umbi. Meskipun terbuat dari bahan yang sama, beberapa kue justru hadir dengan sensasi rasa yang berbeda. Salah satu bahan utama yang kerap digunakan adalah singkong.

Hanya dengan bermodal ketela pohon alias singkong, ada banyak kreasi kue tradisional yang bisa menggoyang lidah. Meskipun sederhana tapi kue-kue ini hadir dengan tampilan cantik dan juga menggoda. Menikmati kue tradisional dengan segelas teh hangat di sore hari tampaknya jadi hal yang menenangkan.

Berikut Okezone rangkum 3 kue asli Indonesia yang dibuat menggunakan bahan dasar berupa singkong, Rabu (5/4/2017).

Kue mata roda

Kue yang satu ini dibuat menggunakan singkong yang diparut kemudian diberi isi pisang raja dan dimasak dengan teknik dikukus. Kue ini disajikan dengan cara dipotong-potong sehingga memperlihatkan bentuk seperti mata roda. Kue ini sering diberi pewarna makanan hijau atau merah dan disajikan dengan taburan kelapa parut.

 


Kue lapis pelangi

Kue yang kerap terlihat berlapis warna-warni ini punya rasa yang manis dan bertekstur kenyal. Mirip seperti kue mata roda, lapis pelangi juga dibuat dengan menggunakan singkong parut yang diberi pewarna kemudian ditata dalam loyang dan dikukus hingga matang. Kue ini semakin gurih karena disajikan dengan kelapa parut yang sudah dikukus juga dan diberi tambahan garam.

 

Sawut singkong

Melihat kue yang satu ini dijamin tidak akan berani menolak. Tampilan singkong yang diparut kasar ini menggoda karena dilumuri dengan gula merah yang menunjukkan rasa manis. Sawut banyak tersedia di pedagang kue tradisional. Tambahan kelapa parut membuat sawut lebih kaya rasa.

A post shared by Noviany Rumba (@novianyrumba) on


(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini