Tips Membuat Pewarna Makanan Alami untuk Kue Basah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 05 April 2017 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 298 1659630 tips-membuat-pewarna-makanan-alami-untuk-kue-basah-J49qwMWDtl.jpg Pewarna alami untuk makanan (Foto:Brodandtaylor)

KUE basah, makanan tradisional, dan jajanan pasar, umumnya menggunakan pewarna makanan untuk mempercantik tampilan. Namun sayangnya, sudah banyak pewarna makanan berbahan kimia yang beredar di pasaran.

Daripada mengambil resiko, Anda juga bisa loh membuat pewarna makanan alami di rumah. Yuk simak tips dan cara membuatnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Rabu (4/4/2017).

Hijau

Untuk menghasilkan warna hijau alami, Anda bisa menggunakan daun suji dan daun pandan. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengiris daun suji dan daun pandan, lalu tumbuk atau haluskan dengan blender, kemudian saring airnya. Agar tahan lama, Anda bisa menambahkan air kapur sirih.

Merah

Untuk menghasilkan warna merah alami, Anda bisa menggunakan angkak dan rosella. Angkak merupakan sejenis beras putih yang dibiakkan dengan ragi khusus hingga warnanya berubah menjadi merah. Pengolahannya sedikit berbeda dengan daun suji, Anda harus menyeduh angkak dengan air panas sebanyak 3 kali. Buang air seduhan pertama dan kedua karena rasanya pahit. Pada air seduhan ketika, saringlah sebelum digunakan.

Kuning

Kunyit termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini juga ampuh menghasilkan warna kuning alami pada makanan. Untuk membuat pewarna dari kunyit, Anda hanya perlu memarut kunyit kemudian peras dan saring airnya. Jika ingin praktis, gunakan bubuk kunyit yang banyak di pasar swalayan, campur dengan air matang, kemudian saring. Mudah bukan ?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini