nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menengok Orangutan di Tanjung Harapan, Kalimantan

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 05 April 2017 12:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 05 406 1659276 menengok-orangutan-di-tanjung-harapan-kalimantan-aJfwBQz54q.jpg Ilustrasi Orangutan (Foto: Okezone)

KALIMANTAN adalah salah satu pulau yang menjadi rumah bagi hewan dilindungi karena terancam punah dan langka, yakni orangutan. Anda bisa menengok salah satu lokasi rehabilitasinya yang berada di Taman Nasional Tanjung Puting, yaitu di Tanjung Harapan.

Berada di hutan sekunder, Tanjung Harapan merupakan stasiun pertama dalam proses rehabilitasi orangutan di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.

Dikutip dari buku Pesona Kalimantan Kementerian Pariwisata, turis dapat melihat pemberian makan orangutan yang rutin dilakukan pada pukul 15.00 WIB.

Atraksi pemberian makanan ini dibatasi hanya selama 30 menit agar orangutan yang sudah diliarkan itu tidak terbiasa dengan kehadiran manusia.

Kalau orangutan yang mengerumuni platform pemberian makanan sedikit, atau tidak ada sama sekali, artinya primata semi soliter tersebut tidak sedang kekurangan pakan di hutan.

Perlu diketahui, hutan sekunder yang menjadi lokasi rehabilitasi orangutan ini merupakan hasil reboisasi dari hutan primer yang sudah rusak, karena penebangan hutan.

Selain bisa menyaksikan atraksi pemberian makan di sore hari, wisatawan juga bisa menikmati hutan rawa di sana yang dilengkapi dengan jalan trail.

Menurut laman wisatabahari.net, Tanjung Harapan bisa dicapai dari Pangkalan Bun ke Kumai melalui jalur darat selama 20 menit, kemudian Tanjung Harapan dapat dicapai dengan klotok atau perahu selama 1,5 – 2 jam.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini