Share

Hati-Hati Ayah, Minuman Berenergi Pengaruhi Kesehatan Mental Anak

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 06 April 2017 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 481 1659968 hati-hati-ayah-minuman-berenergi-pengaruhi-kesehatan-mental-anak-2LBwTSwNaT.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

UNTUK para ayah atau kaum kaum pria yang suka mengonsumsi minuman berenergi harus dihindari. Karena pengaruhnya bisa mengganggu kesehatan mental anak. Apa kaitannya?

Studi baru menyebutkan, pria yang mengonsumsi minuman berenergi berlebihan memengaruhi kognitif anak. Begitu juga dengan tablet suplementasi lain yang berbahaya bagi kesehatannya.

Dalam studi tersebut, peneliti menggunakan tikus jantan yang diberi makan metil donor seperti asam folat, metionin dan vitamin B12, Keturunan mereka tidak menunjukkan IQ yang baik saat melakukan tes memori.

Ternyata masalah ini dipengaruhi oleh kualitas sperma pada ayah. Ada gangguan kualitas sperma yang memengaruhi kesuburannya.

"Kami mampu menunjukkan bahwa ada perubahan sistem belajar dan memori pada anak jika ayahnya suka minum minuman berenergi atau tablet suplemen. Khususnya mereka sulit mengingat suatu hal," kata Dan Ehninger dari Pusat Jerman untuk Penyakit Neurodegenerative (DZNE), dilansir Zeenews, Kamis (6/4/2017).

Selanjutnya, pada keturunan dari tikus jantan itu juga diberi makan dengan metil donor. Konsumisnya yaitu mengganggu tinggi metionin, asam folat, vitamin B12, kolin, betain dan seng.

Para hewan tersebut mengalami gangguan perilaku pada otak mereka. Tikus tersebut mengalami gangguan koneksi saraf yang bereaksi cukup lemah.

Berikut juga dengan tikus jantan yang diberikan minuman berenergi dengan dosis tinggi. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini