Alasan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Perlu Dilakukan Secepatnya

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 06 April 2017 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 06 481 1660304 alasan-operasi-pemisahan-bayi-kembar-siam-perlu-dilakukan-secepatnya-CBGpzDuK4k.jpg Ilustrasi (Foto: Allaboutwins)

BIASANYA bayi yang diketahui kembar siam, perlu mendapatkan tindakan operasi pemisahan segera. Tidak menunggu sampai umur satu tahun, para ahli medis menyarankan agar prosedur pemisahan bisa dijadwalkan untuk dilakukan.

Dr Syamsul Ashari, SpBS, spesialis bedah saraf, menyampaikan bahwa semakin lama anak kembar siam bertumbuh, semakin sulit pula dilakukan operasi pemisahannya. Pasalnya, tubuh kedua anak akan semakin menyatu.

"Kalau sudah satu tahun, kita harus pisah semuanya satu per satu. semakin sulit. Semakin awal dipisah, semakin bagus," jelas dr Syamsul di RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat, Rabu 5 April 2017.

Dalam prosedur operasi, para ahli medis juga melakukan pemeriksaan keseluruhan, termasuk adakah kelainan jantung, ginjal, atau gangguan pada otak. Dokter juga melihat apakah kondisi fisik bayinya juga siap menjalani operasi atau tidak.

Menurut dr Alexandra, SpBA, spesialis bedah anak, memang membutuhkan penentuan waktu berbeda bagi setiap anak yang kembar siam. Menurutnya, lembar siam adalah kasus yang unik.

"Kembar siam bisa terjadi mulai dari kepala, dada, perut, panggul, atau leher. Tiap anak tidak sama. Kapan menentukan operasi pun akan berbeda," jelasnya.

Apalagi, ketika bayi kembar siam memiliki kelainan jantung, hipertensi, atau ada organ yang bermasalah. Waktu operasi yang tepat memang perlu dipertimbangkan oleh para ahli medis secara matang, sehingga hasil operasi bisa berjalan sesuai harapan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini