nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bekas Luka Enggak Kunjung Hilang, Nih Penyebabnya!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 06 April 2017 20:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 06 481 1660958 bekas-luka-enggak-kunjung-hilang-nih-penyebabnya-9BkU3VnZu9.jpg Ilustrasi (Foto: Alarab)

GORESAN atau insiden kecelakaan akan menimbulkan bekas luka pada kulit. Berharap luka bisa memulih, tapi kenyataannya malah berbekas dalam jangka waktu yang amat lama.

Ada beberapa penjelasan soal penyebab bekas luka yang tak kunjung hilang, dilansir dari laman Advancedtissues, Kamis (6/4/2017).

Sirkulasi yang buruk

Studi dari Johns Hopkins Medical School menunjukkan, ketika terjadi cedera, darah yang mengangkut sel-sel pada bagian tubuh terluka akan membangun struktur jaringan lainnya. Bila Anda memiliki sirkulasi yang buruk. darah tidak bisa bergerak untuk cepat mengintervensi penutupan luka yang sempurna.

Penumpukan cairan

Menurut Mayo Clinic, edema terjadi ketika adanya kebocoran cairan dari pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan sekresi di setiap jaringan. Alhasil, bisa terjadi benjolan besar yang rentan infeksi. Akibat penumpukan cairan ini, membuat pembuluh darah dan jaringan terkait menjadi lebih kaku, sehingga aliran darah terbatas. Inilah yang menyebabkan bekas luka tak kunjung hilang.

Infeksi

Beberapa peristiwa traumatis menunjukkan efek pada penyembuhan luka pasien. Menurut Klinik St Luke, ingeksi yang terjadi mencegah terjadinya regenerasi jaringan sehat. Bahkan infeksi dapat memperpanjang fase inflamasi yang dapat menghentikan tahap penyembuhan luka. Menurut ournal of Dental Research pada 2010, dua infeksi bakteri yang menghambat penyembuhan luka, yakni bakteri pseudomonas aeruginosa dan staphylococcus.‚Äč

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini