nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Tungau Debu Rumah Tanpa Disadari Bisa Picu Alergi

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 06 April 2017 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 06 481 1660967 awas-tungau-debu-rumah-tanpa-disadari-bisa-picu-alergi-0jFB4eJ9hY.jpg Ilustrasi (Foto: Essentialkids)

TAK sedikit bunda yang menyadari jika anaknya mengalami alergi akibat tungau debu rumah. Biasanya mereka langsung berpikiran anaknya alergi karena pengaruh makanan.

Dikatakan Spesialis Anak Dr dr Prof Budi Setiabudiawan SpA(K), saat ini banyak anak-anak yang menderita alergi karena tungau debu rumah. Sayangnya, orangtua tidak paham dengan pemicu alergen ini.

"Awas, sekarang banyak tungau debu rumah yang termasuk alergi inhalan. Biasanya orangtua pasti menyalahkan makanan karena paling sering menyebabkan alergi," kata Prof Budi saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Tungau debu rumah banyak berkembang biak di benda-benda rumah berbahan bulu. Salah satu benda yang paling sering memicu alergen yaitu karpet.

Seharusnya, orangtua menghindarkan anak dari benda tersebut agar tak mengganggu kesehatan, serta tumbuh kembang si kecil. Tungau debu rumah pun disebutkan Prof Budi, menjadi pemicu ketiga terbesar setelah alergi makanan.

"Benda-benda rumah yang memicu alergen seperti karpet, sofa dari kain, buku majalah dan koran bekas jangan disimpan di ruangan terbuka. Terus juga tempat tidur, dan boneka bulu," paparnya.

Dia menyarankan, agar anak lebih baik tidur di kasur busa untuk meminimalisir perkembangbiakan tungau debu rumah. Begitu juga jika ruangan ber-AC harus terang agar tak memicu hal yang sama.

Sedini mungkin, orangtua harus mendeteksi pemicu alergen. Jika terlambat ditangani, bisa mengakibatkan gangguan tumbuh kembang anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini