Share

Masih Bingung Makan Siang di Mana? Ini 3 Rekomendasi yang Enak

Devi Setya Lestari-Dimas Andhika Fikri , Jurnalis · Sabtu 08 April 2017 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 07 298 1661955 masih-bingung-makan-siang-di-mana-ini-3-rekomendasi-yang-enak-zt3l8pRept.jpg Menu di Shabu Hachi dan Hooters (Foto:Dimas/Kiki)

AKHIR pekan saatnya memanjakan lidah dengan makan di luar rumah. Kafe atau restoran bisa jadi pilihan Anda, keluarga atau bersama teman-teman.

Jika selama ini Anda memiliki tempat makan favorit atau langganan, hari ini rasanya sangat tepat jika Anda menjajal berbagai kuliner enak dari sejumlah tempat makan yang belum lama ini baru dibuka atau baru membuka cabangnya yang baru.

Mulai dari kuliner khas Jepang seperti shabu-shabu atau kuliner khas Asia. Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah makan di restoran asal Florida, Amerika Serikat di mana pelayan-pelayannya menggunakan pakaian seksi.

Daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan sejumlah tempat makan tersebut.

Lezatnya menyantap shabu-shabu di Shabu Hachi

Shabu-shabu adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari irisan daging sapi bertekstur tipis, kemudian dimasak dengan cara dicelupkan ke dalam panci khusus berisi air panas. Untuk memperlezat rasanya, hidangan ini biasanya disajikan dengan saus khusus dan potongan sayur-sayuran segar.

Di Indonesia, shabu-shabu cukup digemari karena rata-rata setiap restoran menawarkan berbagai paket menarik salah satunya adalah, paket AYCE (all you can eat).

Berbicara soal hidangan tersebut, beberapa waktu lalu salah satu restoran shabu-shabu ternama asal Indonesia, Shabu Hachi, kembali melebarkan sayapnya dengan membuka outlet baru di Kota Hujan, Bogor.

Di Shabu Hachi, Anda akan diberikan kompor-masing-masing untuk memasak. Sebelum daging datang, ada 7 macam kuah yang dapat dipilih yaitu, original konbu, japanese broth, miso soup, hot miso, tom yum, stamina soup, dan mongolian soup.

Menurut Githa Nafeeza, Presiden Direktur Shabu Hachi, semua sup terbuat dari bahan baku terbaik dan dibuat pada saat itu juga.

"Tidak ada proses pembekuan, sehingga citarasa dan kesegarannya terasa begitu menggugah selera saat disantap," tutur Githa, dalam acara peluncuran Shabu Hachi Bogor, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini, Okezone berhasil mencicipi beragam menu makanan yang disuguhkan restoran tersebut. Untuk kuah, Okezone memilih miso soup karena memiliki sensasi gurih yang khas.

Sedangkan untuk dagingnya sendiri terdiri dari 3 pilihan berbeda yakni, wagyu beef, US Premium, dan Australian Reguler. Masing-masing daging memiliki karakter rasa yang berbeda.

Wagyu beef misalnya. Dengan teksturnya yang cenderung tipis dibandingkan dengan daging lainnya.

Hooters Jakarta, Tampil Beda dengan Aneka Sambal Khas Indonesia

Bagi Anda yang mengaku sebagai food entushiast alias penikmat dan pecinta berbagai makanan. Pasti tidak asing lagi dengan restoran yang menawarkan konsep ‘pelayan seksi’, yaitu Hooters.

Ya, restoran dengan signature dish berupa sajian sayap ayam yang berasal dari Florida ini akhirnya kini telah membuka cabangnya di Jakarta. Tidak dipungkiri kehadirannya sendiri di Jakarta memang menjadi topik perbincangan ramai banyak orang. Hingga akhirnya pada Kamis (6/4/2017) Okezone berkesempatan langsung untuk menghadiri acara Food Testing di Kemang Square, Jl Kemang Raya nomor 5, bilangan Jakarta Selatan.

Sama seperti cabang lainnya, untuk menu andalan yang ditawarkan adalah chicken wing atau sayap ayam dengan sajian berbagai saus dan dressing. Sajian sayap ayam yang menjadi signature dish Hooters ini disediakan dalam bentuk tiga jenis, yang pertama ialah Original, Naked Wings, dan terakhir ada Boneless Wings. Untuk sausnya sendiri, kali ini Okezone mencicipi Original Hooters berbalut hot sauce dengan mustard dressing, lalu Naked Wing dengan thai sweet sauce dan ranch dressing, lalu Chicken Tender dengan saus barbeque dan blue cheese dressing, dan Boneless Chicken dengan daytona beach sauce serta blue cheese dressing. Keempat menu yang disajikan hadir dengan cita rasa yang lezat dan tentunya daging ayam yang lembut, yang diperoleh dengan proses memasak yang teliti karena bumbu marinate atau bumbu rendaman untuk keempat sajian di atas benar-benar terasa meresap ke dalam bagian daging.

 

Untuk yang ingin menjajal menu selain daging ayam, disediakan juga menu daging iga sapi yakni Half Rack Ribs yang disajikan bersama dengan twirl french fries. Lalu buat yang hobi makan bareng-bareng, ada pula menu bernama Buffalo Platter yang merupakan gabungan dari semua menu daging ayam yang tersedia lalu dikombinasikan dengan udang bersaus pedas.

Menariknya khusus untuk cabang di Indonesia ini, restoran ini sengaja menyediakan menu vital untuk orang Indonesia saat menyantap makanan, apalagi kalau bukan sambal. Ya, semata-mata demi memanjakan lidah Indonesia yang tidak lengkap rasanya jika makan belum memakai sambal, Hooters Jakarta sengaja menghadirkan aneka macam sambal khas Tanah Air. Mulai dari sambal bajak, sambal ijo, sambal bawang, sambal kacang, sambal Taliwang, saus rending, hingga salty egg alias telur asin. Menyediakan sambal khas Indonesia ini, disebutkan memang sebagai salah satu penyesuaian Hooters dengan lidah orang Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Sherry Suradji, selaku general manager.

“Kenapa kita pilih untuk menghadirkan aneka sambal khas Indonesia ini? Simpel sih, karena orang Indonesia itu kan pecinta pedas dan memang belum lengkap rasanya kalau makan kalau tidak pakai sambal. Kita adakan riset, dan hasilnya sambal-sambal inilah yang jadi favorit. Adanya sambal ini pula lah yang membedakan kita dengan cabang di negara lainnya,” ungkap Sherry kala ditemui Okezone.

Selain menyediakan menu ayam dengan fokus pada menu chicken wings, tempat makan ini menjadi ramai tentunya apalagi kalau bukan karena konsep ‘pelayan seksi’ yang diusung. Di mana para pelayan cantik ini akan memberikan hiburan bagi para tamu, dengan tarian modern dance setiap 45 menit sekali. Namun terkait soal pelayan cantik nan seksi ini, Hooters sendiri menyebutkan bahwasanya konsep yang diusung sebetulnya bukanlah ‘seksi’ melainkan ‘sporty’.

 

‘Konsep kita itu kan ‘sport bar’ jadi sebetulnya pakaian para pelayan kita itu bukan pakaian seksi tetapi adalah outfit sporty girl,” imbuh Sherry.

Lebih lanjut Perihal pelayan seksi ini, persyaratan untuk bisa menjadi waitress adalah wanita berumur 20-27 tahun dengan tinggi badan minimal 158 sentimeter dengan bentuk tubuh proporsional. Terkait soal service tarian yang disajikan oleh para pelayan cantik tersebut, bahkan menyediakan sesi training khusus.

 

“Sebelum resmi bekerja ke lapangan, semua waitress kita memang mengikuti program training yang pusatnya di Bangkok, Thailand untuk kawasan Asia Tenggara. Mulai dari soal product knowledge, how to Hooter's girl, sampai menari ini,” pungkas wanita berkacamata ini.

So, buat Anda yang penasaran bagaimana rasanya menyantap sajian menu sayap ayam khasnya sembari dihibur langsung oleh tarian enerjik para Hooster’s girl tersebut. Mungkin tidak ada salahya untuk segera datang.

Menikmati suguhan khas Asia dan kopi di kafe legendaris Owl Cafe

Sudah 60 tahun berdiri sejak 1956, kafe legendaris asal Singapura Owl Cafe akhirnya membuka cabangnya yang pertama di Indonesia. Soal menu dan rasa, kafe ini memiliki cita rasa Asia yang tentu juga akrab di lidah orang Indonesia.

Untuk cabang di Jabodetabek, kafe yang suguhan utamanya adalah kopi ini memilih Jakarta tepatnya di Gandaria City untuk gerai pertamanya. Grand launching belum lama digelar, tepatnya pada Rabu pekan lalu.

"Beragam resep kopi yang dipengaruhi gaya straits Asian telah teruji lebih dari 60 tahun dan menjadi andalan. Diperkuat juga dengan hidangan lain yang memadukan makanan dan minuman straits asian," kata Director of Operation Mr. Kalvin Chan dalam pembukaannya.

 

Okezone berkesempatan mencicipi berbagai menu andalan, baik makanan dan minuman, juga tidak terkecuali kopi. Cita rasa khas Asia seperti kari dan laksa pun tidak luput dari yang disuguhkan. Namun demikian beberapa menu Western juga disuguhkan atau sebagai menu fusion.

Sebagai menu pembuka adalah dua varian salad. Smoked duck and orange salad with manggo dressing adalah perpaduan sayuran dengan beberapa slice daging bebek yang empuk dan aroma panggangnya sangat terasa, keunikannya adalah dengan dressing saus mangga yang menggunakan jenis mangga arum manis. Salad kedua yakni soft shell crab salad dengan wasabi mayo dressing. Kepiting digoreng balur tepung dan dipotong menjadi beberapa bagian, kerenyahannya berpadu nikmat mengantarkan menyantap sayuran menjadi lebih menyenangkan.

 

Menu utama adalah hainanese curry chicken with rice. Satu hal pertama yang mencengangkan adalah porsinya yang lumayan besar, isianya terdiri dari beberapa potong ayam, tahu, dan kentang. Warna kuning kuah karinya sangat pekat, bayangan pertama yang timbul soal rasanya adalah rasa karinya yang mendok. Tapi dugaan ternyata saya salah. Meski warnanya pekat tapi rasa kari cukup light alias ringan, cocok di lidah sebagai menu santap siap yang nyaman di perut. Menu kedua adalah spaghetti laksa with tiger prawn. Tampilan warnanya tidak jauh berbeda dengan kari, namun ketika dicoba, rasanya cenderung manis. Tiger prawnnya memiliki tekstur kenyal, isiannya ditambah telur rebus dan beberapa slice fish cake.

Makan berat usai, saatnya lidah dimanjakan dengan aneka dessert yang juga khas Asia. Ini yang dinanti-nanti. Akhirnya mango pomelo soya pudding dan durian pengat pun tiba di meja Okezone. Menikmati mango pomelo soya pudding, mulut tidak mau berhenti mengunyah lembut. Meski terbuat dari kedelai, tapi rasanya jauh dari kata membosankan, ini juga karena paduan potongan mangga yang cenderung asam, memberi rasa yang mengejutkan. Siapa yang bisa menolak durian. Yup, durian pengat pun tidak kalah enaknya. Bubur duriannya sangat lembut dan aromanya sangat menggoda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini