Dari Suguhan Khas Peru hingga Singapura, Menu Makan Siang Enak Hari Ini

Devi Setya Lestari-Dimas Andhika Fikri , Jurnalis · Minggu 09 April 2017 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 07 298 1661974 dari-suguhan-khas-peru-hingga-singapura-menu-makan-siang-enak-hari-ini-HbJE932T6y.jpg Kuliner khas Peru (Foto:Ilustrasi/Seriouseats)

SESEKALI memanjakan lidah dengan makan siang yang spesial patut Anda lakukan, apalagi di akhir pekan seperti ini.

Mencoba beberapa menu tidak biasa pun bisa Anda lakukan bersama keluarga, teman atau pasangan. Sebut saja seperti makanan khas Peru, atau jika Anda rindu menyantap makanan khas Singapura seperti nasi lemak.

Pun ketika hari ini Anda ingin menyantap aneka olahan bebek, Okezone memberikan sejumlah rekomendasi.

 

Mencicip Nikmatnya Kuliner Peru di Jakarta, Mulai dari Ceviche Hingga Lomo Saltado

Mendengar nama Peru pasti banyak orang langsung menujukan pikirannya ke Machu Pichu, kota di Peru dengan segudang tradisi dan budaya uniknya. Tapi jangan lupa juga, Peru punya sederet kuliner yang rasanya akan sangat sayang jika dilewatkan.

Di Jakarta tidak banyak yang menyuguhkan kuliner Peru, tapi di sebuah hotel tengah menghadirkan sederet kuliner Peru yang bisa jadi menu makan malam. Tepatnya di Sailendra Restoran hotel JW Marriott, Jakarta tengah kedatangan koki tamu asal Peru yang membawa dan siap menyajikan kuliner khas Peru.

 

Okezone berkesempatan mencicipi beberapa makanan khas tradisional Peru mulai dari ceviche, lomo saltado, olive octopus dan suspiro de limena yang merupakan hidangan penutup. Sebagai pembuka, ceviche disajikan secara segar, suguhan ikan kakap putih mentah ini diberi bumbu yang rasanya asam, pedas dan gurih. Meskipun tidak diolah, ceviche terasa lezat dan menyegarkan, apalagi tekstur ikan yang digunakan cukup kenyal namun lembut.

Lamjut ke menu selanjutnya adalah olive octopus, sesuai dengan namanya hidangan ini merupakan olahan octopus atau gurita segar yang dipadukan dengan bumbu bercita rasa khas Peru. Dari penampakannya memang agak meragukan tapi ketika dicoba, rasanya ingin nambah lagi dan lagi. Octopus ini semakin kaya rasa karena disajikan dengan irisan buah zaitun yang cukup berlimpah.

 

Masuk ke menu utama, lomo saltado. Tampaknya ini makanan Peru yang rasanya cukup familiar di lidah Indonesia. Daging sapi iris tipis kaya bumbu dimasak layaknya semur ala Indonesia namun dengan cita rasa yang jelas berbeda. Daging sapi ini sajikan dengan irisan cabai, tomat dan juga bawang bombai merah.

Semua makanan ini cocok disantap dengan nasi maupun olahan kentang, semua tentu saja bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Penasaran? Makanan Peru ini hadir setiap hari khusus makan malam mulai 24 Maret hingga 20 April 2017.

 

Mencicip Nikmatnya Nasi Lemak yang Autentik Singapura di Uncle Fat

Jika Indonesia punya suguhan nasi gurih yang disebut nasi uduk, maka Singapura punya suguhan serupa yang dikenal dengan sebutan nasi lemak. Ya, nasi ini punya cita rasa gurih persis seperti nasi uduk.

Nasi lemak termasuk makanan melayu yang populer di Singapura. Ada beberapa restoran melayu di Indonesia yang menghadirkan menu nasi lemak namun bukan sebagai restoran khusus nasi lemak melainkan mengusung konsep kopitiam. Tapi sebuah resto di Jakarta berani hadir dengan khusus menawarkan menu andalan berupa nasi lemak.

 

Mencari rasa nasi lemak yang autentik memang tidak mudah pasalnya banyak nasi lemak yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Tapi tidak di restoran Uncle Fat, karena nasi lemak dibuat dengan racikan bahan dan bumbu yang sama persis dengan aslinya.

Okezone berkesempatan mencicipi nasi lemak ini. Sepiring nasi hadir dengan lauk antara lain ayam goreng, teri kacang goreng, otak-otak, telur mata sapi dan sambal. Nasi lemak ini berwarna agak kehijauan karena ditambahkan pure bayam namun rasanya cukup gurih dan lezat. Tekstur nasi yang pulen membuat nasi tidak sulit dikunyah. Rasa nasi akan beradu sempurna jika dimakan bersama lauknya.

Sepotong otak-otak ikan berbungkus daun pisang terlihat agak berbeda dengan yang banyak ada di Indonesia. Otak-otak memiliki bentuk yang lebih tipis namun warnanya lebih oranye dan terasa sangat berbumbu, lezat.

 

Satu yang tak boleh ketinggalan, sambal. Ciri khas nasi lemak ada di sambalnya yang beda dengan kebanyakan rasa sambal Indonesia. Sambal ini tidak terasa pedas yang berlebihan namun lebih ke pedas manis. Bagi orang Indonesia yang suka makan pedas tampaknya akan terus minta tambah sambal ini.

Nasi lemak akan semakin mantap jika disajikan dengan makanan pendamping seperti bakso ikan, otak-otak goreng, fish roll, spicy otah, sosis dan lain sebagainya. Makanan pendamping ini juga yang jadi salah satu ciri khas nasi lemak khas Singapura.

Memanjakan lidah dengan sensasi daging bebek asap yang unik

Terletak di Taman Ratu Indah Blok D11, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Anda bisa mencicipi sensasi unik dari sajian berbahan daging bebek di resto bernama Bebek Asap Balcon.

 

Melihat namanya saja, sudah pasti terbayang menu andalan yang tersaji adalah bebek asap. Dan benar! Daging bebeknya dibalur dengan bumbu rempah khas, dibalut dengan daun pisang dan kemudian dibakar.

Aroma khas panggangan sudah pasti menyerap ke dalam dagingnya dan siap menggoyang lidah. Apalagi disantap dengan nasi hangat dan berbagai pilihan sambal pelengkap yang tersedia.

 

Mulai dari sambal bawang, ijo, terasi dan sambal matah. Sambalnya pun memiliki level pedas yang bisa disesuaikan dengan selera pedas Anda. "Harganya bervariasi karena tersedia potongan dan satu ekor. Mulai dari Rp25 - Rp95 ribu?" papar Selvie Susanthi, pemilik gerai bebek asap tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini