Jangan Cemas Guys, Ini Cara Jitu Mengatasi Defisiensi Testosteron

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 07 April 2017 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 07 481 1661676 jangan-cemas-guys-ini-cara-jitu-mengatasi-defisiensi-testosteron-hozJ4hVknr.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

PENANGANAN yang tepat perlu dilakukan kepada seorang pria dengan defisiensi testosteron. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kadar hormon pria.

Dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, spesialis andrologi ini menyampaikan ada beberapa cara untuk mengatasi defisiensi testosteron.

Terapi sulih testosteron

"Pria yang memiliki kadar testosteron rendah memang dianjurkan untuk diobati. Tambahin hormonnya yang kurang," terang dr Nugroho di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 6 April 2017.

Terapi sulih hormon bisa diberikan melalui injeksi atau pil. Namun keduanya punya tingkat keberhasilan yang berbeda. Ia menyampaikan, injeksi memiliki tingkat keberhasilan mencapai 89 persen. Sementara terapi lewat pil keberhasilannya sampai 50-60 persen. Pasien berhak memilih metode pemberian terapi sulih ini.

Mengubah gaya hidup

Dr Nugroho mengatakan, seorang pria dengan indeks massa tubuhnya tinggi, kadar testosteronnya cenderung rendah. Penyakit metabolik ini bisa berdampak pada kesehatannya sendiri dan kehidupan seksualnya.

"Untuk membuat hormonnya stabil, ia perlu olahraga dengan benar tiap hari, 30 menit saja setiap harinya," ujarnya.

Makan variasi warna buah

Terpatok hanya makan tauge atau kiwi untuk meningkatkan kualitas testosteron? Guys, jangan hanya makan satu jenis makanan yang dipercaya mampu meningkatkan testosteron. Dr Nugroho menyarankan untuk makan buah dengan variasi warna. Karena tiap buah yang berwarna punya kandungan yang berbeda untuk meningkatkan kualitas testosteron.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini