Hari Bawa Bekal Nasional: Tips Praktis Menyiapkan Menu Bekal ke Kantor

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 April 2017 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 11 298 1664838 hari-bawa-bekal-nasional-tips-praktis-menyiapkan-menu-bekal-ke-kantor-Q1ARzU3jaL.jpg Menyiapkan bekal ke kantor (Foto:Google)

PRAKTIS, itulah pertimbangan pertama yang sering dipikirkan sebagian orang saat hendak membawa bekal ke kantor. Bagaimana tidak, jika salah memilih menu makanan yang hendak diolah, pertaruhannya adalah Anda akan terlambat ke kantor.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut 3 tips menyiapkan menu bekal kantor yang bisa Anda coba di rumah, sebagaimana dikutip dari buku Menu 2 Minggu Bekal Kantor, karya Wied Harry Apriadji, Rabu (12/4/2017).

Keragaman bahan makanan

Buah dan sayuran dalam bekal kantor Anda setidaknya terdiri dua warna. Misalnya pepaya (jingga) dan daun selada (hijau). Akan lebih baik lagi jika pilihan warnanya lebih banyak. Hal ini berkaitan dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan.

Manfaatkan makanan instan

Agar tidak repot dalam menyiapkan bekal, Anda bisa mengganti sayuran yang dimasak dengan sayuran segar. Gunakan sayuran mentah seperti kol, sawi, tauge, daun selada, kacang panjang, mentimun, dan tomat untuk membuat hidangan gado-gado atau pecel. Sesekali Anda juga dapat membuat soto dengan campuran sayuran mentah.

Buat masakan precooked

Untuk mempermudah dalam menyiapkan bekal, malam sebelumnya Anda bisa membuat makanan precooked seperti tahu gulung daging cincang, burger steak, atau dadar kukus. Di pagi hari, Anda tinggal menggoreng atau menghangatkan saja makanan tersebut menggunakan microwave.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini