FOOD STORY: 5 Sambal Paling Populer di Indonesia

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 11 April 2017 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 11 298 1664850 food-story-5-sambal-paling-populer-di-indonesia-qDGpHd5VjT.jpg Sambal bajak (Foto:Kulinersehat)

BAGI orang Indonesia yang notabene didominasi oleh penyuka cita rasa pedas, mencocol sambal untuk setiap kali menyantap makanan adalah wajib hukumnya.

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali varian sambal khas, mulai dari sambal merah, hijau, sambal tomat, terasi, dan masih banyak lagi. Akan tetapi dari sederet jenis sambal khas Indonesia, jenis sambal apa saja sih yang paling populer? Penasaran sambal apa saja yang menduduki posisi top 5? Mari intip uraiannya di bawah ini.

Sambal terasi 

Sambal yang memiliki nama lain, sambal belacan ini disebutkan sebagai sambal paling populer di Indonesia. Di mana sambal terasi sejatinya bisa didapatkan di mana saja dengan mudah. Sambal ini terbuat dari cabai segar, tomat, terasi (pasta udang), dan bawang bombay. Sambal terasi paling sedap rasanya jika dicocol dengan ikan goreng, ayam, ataupun bebek goreng beserta lalapan. Apapun makanan yang digoreng memang biasanya berpadu sempurna dengan sambal terasi.

Sambal kacang

Peanut sauce alias sambal kacang menempati posisi kedua, sebagai sambal paling favorit. Sambal kacang biasanya disajikan bersama dengan sajian nasi uduk, sate, siomay, hingga gado-gado. Sambal kacang ini biasanya dibuat dari campuran kacang giling, bawang putih, cabai, yang dicampur dengan air.

Sambal bawang


Sambal satu ini mempunyai aroma yang sangat khas, yakni aroma bawang putih yang cukup menyengat namun dijamin bikin lidah bergoyang. Sambal bawang dibuat dengan cara yang sangat mudah, hanya dengan menumbuk cabai merah segar, bawang putih, dan garam. Kemudian tinggal dicampur dengan minyak sayur yang panas sebelum disajikan bersama dengan ayam goreng, tahu ataupun tempe goreng.

 

Sambal kecap

Sambal berwarna hitam ini biasanya menjadi cocolan sambal untuk menu sate ayam ataupun sate kambing, dan bisa juga untuk menu yang dibakar lainnya seperti ikan atau ayam bakar. Berbeda dengan jenis sambal lainnya, sambal kecap tidak ditumbuk, ditumis, atau digiling. Sambal ini hanya dibuat dengan mencampurkan cabai yang dipotong kecil-kecil, bawang bombay, tomat, air perasan lemon dengan kecap manis. Mudah dan lezat!

Sambal lado

Sambal berwarna merah cerah ini berasal dari tanah Minang, Sumatera Barat. Sambal lado yang punya cita rasa super pedas ini terbuat dari gilingan cabai, bawang putih, bawang bombay, bawang merah, tomat, garam, dan air perasan lemon yang kemudian dimasak dengan cara ditumis dengan minyak panas. Demikian seperti dikutip Indoindians, Selasa (11/4/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini