Image

Penjelasan Ilmiah Kenapa Perut Bisa Bunyi Keroncongan saat Lapar

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 11 April 2017, 10:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 11 481 1664141 penjelasan-ilmiah-kenapa-perut-bisa-bunyi-keroncongan-saat-lapar-HTKRpaITSJ.jpg Ilustrasi (Foto: Foodandnutrition)

SAAT perut keroncongan, tiba-tiba waktu untuk menyelesaikan pekerjaan jadi tidak fokus. Tapi kenapa bisa sih saat lapar semua perut manusia jadi mendadak bunyi?

Ketua PERGIZI Pangan Indonesia Prof Dr Ir Hardinsyah, MS menjelaskan, di dalam perut terdapat organ lambung. Organ tersebut isinya cairan saat tidak diisi makanan padat.

"Kalau perut tidak diisi makanan padat yang ada hanya cairan. Tapi lambung jangan dibiarkan kosong, semakin dibiarkan bisa bunyi keroncongan," terang Prof Hardinsyah saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ketika itu, lambung juga bisa berubah jadi asam. Ada perasaan yang bakal membuat Anda tak nyaman, terutama saat sedang beraktivitas.

"Semakin lama kosong, lambung jadi asam. Itu jadi bikin enggak nyaman. Keroncongan juga jadi salah satu tanda kekurangan zat gizi," tambahnya.

Saat sudah keroncongan, sebaiknya Anda tak membiarkan hal itu terjadi. Dampaknya bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mengacaukan mood.

"Ya kalau perut keroncongan badan jadi lemah, pusing, mood juga terganggu. Tentunya bisa ganggu pekerjaan," pangkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini