nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Mencegah Perut Kembung Setelah Makan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 12 April 2017 06:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 11 481 1664787 6-tips-mencegah-perut-kembung-setelah-makan-DfKtRZIAAW.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

ANDA pasti merasa tidak nyaman ketika mengalami perut kembung. Terlebih lagi ketika perut kembung datang setelah makan, pastinya sangat tidak nyaman.

Karena, perut kembung dapat membuat Anda malas melanjutkan aktivitas, karena susah bergerak. Untuk itu, Anda perlu mencegah perut kembung setelah makan.

Berikut tips mencegah perut kembung setelah makan sebagaimana dilansir dari laman Boldsky:

Beri jeda waktu antara minum dan makan

Harus ada jeda waktu setidaknya 15 menit sebelum dan sesudah setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Hal ini akan membantu dalam mencegah pembentukan gas, penyebab perut kembung.

Latihan

Berjalan kaki, setidaknya 5 menit setelah makan atau berolahraga ringan sebelum sarapan. Cara ini akan membantu dalam mencegah perut kembung.

Hindari produk susu

Bagi Anda yang tidak alergi terhadap laktosa perlu menghindari produk susu. Karena, produk susu akan meningkatkan pembentukan gas dan menyebabkan perut kembung.

Mengunyah makanan dengan benar

Ketika Anda duduk untuk mengonsumsi makanan, pastikan mengunyah dengan benar, bukan hanya menelan. Ketika Anda menelan makanan dengan cepat, maka banyak udara juga yang masuk. Hal ini menyebabkan retensi gas dan perut kembung.

Kurang garam

Bila Anda berlebihan mengonsumsi garam, maka akan meningkatkan retensi air dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan perut kembung. Karena itu, kurangi asupan garam untuk mencegah perut kembung.

Hindari soda

Konsumsi minuman soda dan berkarbonasi berlebihan menyebabkan perut kembung. Ketika gas berlebih ini tidak dikeluarkan, maka akan menyebabkan perut kembung dan rasa kurang nyaman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini