nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas! Kecanduan Diet Soda Tingkatkan Risiko Stroke dan Penyakit Jantung

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 13 April 2017 20:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 04 13 481 1666891 awas-kecanduan-diet-soda-tingkatkan-risiko-stroke-dan-penyakit-jantung-J9lgso7cgX.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BIASANYA, seseorang yang menghindari gula pada sebuah minuman akan minum diet soda. Minuman berkarbonasi ini telah diklaim bebas kalori, sehingga diyakini dapat mengurangi risiko penyakit sindrom metabolik.

Diet soda mungkin memang tidak mengandung gula. Namun, rasa manis di minuman diet soda karena kandungan pemanis buatan, salah satunya aspartam.

Pemanis buatan pada diet soda ini justru yang bisa menempatkan Anda pada risiko sejumlah penyakit metabolik, sebagai bagian dari efek samping. Karenanya, berikut efek samping diet soda bagi kesehatan Anda yang dilansir dari laman Boldsky:

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Minum lebih dari 2 kaleng diet soda per hari dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular hampir 30 persen dan penyakit jantung sebesar 50 persen. Ini adalah salah satu risiko kesehatan terbesar dari kecannduan minuman diet soda.

Pemicu obesitas

Minum terlalu banyak diet soda benar-benar dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena pemanis buatan yang memengaruhi metabolisme tubuh.

Meningkatkan kadar kolesterol

Minum diet soda secara teratur akan meningkatkan risiko peningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Tingginya kolesterol LDL akan menggandakan risiko penyakit jantung dan stroke.

Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Mengonsumsi lebih dari 2 gelas diet soda dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Pemanis buatan dalam minuman ini dapat memengaruhi bakteri dalam usus, sehingga mengarah pada pengembangan diabetes tipe 2.

Penyebab tekanan darah tinggi

Diet soda adalah sumber natrium. Perlu Anda tahu, asupan natrium berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini adalah salah satu efek samping dari diet soda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini