nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Kecanduan Diet Soda Menyebabkan Batu Ginjal

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 14 April 2017 11:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 14 481 1667314 waduh-kecanduan-diet-soda-menyebabkan-batu-ginjal-za9ao0ZNi9.jpg Ilustrasi (Foto: Amazonaws)

ORANG yang sedang berusaha menurunkan berat badan biasanya akan menghindari produk mengandung gula, termasuk pada minuman. Karenanya, mereka percaya pada diet soda yang diklaim bebas kalori.

Namun, ternyata diet soda bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Hal ini karena diet soda mengandung pemanis buatan, seperti aspartam, sakarin, siklamat dan lain-lain.

Berikut efek samping akibat kecanduan diet soda bagi kesehatan seperti dilansir dari laman Boldsky:

Memengaruhi fungsi ginjal

Bila dikonsumsi dalam jumlah besar, diet soda dapat menyebabkan masalah ginjal. Batu ginjal dapat terjadi ketika asam dan mineral dalam urine tidak seimbang. Diet soda dapat menyebabkan hal tersebut.

Dehidrasi dalam tubuh

Diet soda tidak ideal untuk menghilangkan dahaga, karena justru menyebabkan dehidrasi. Hal ini karena diet soda tidak mengandung nutrisi penting dan memiliki kafein yang membuat tubuh akan dehidrasi.

Kerusakan sel tubuh

Diet soda mengandung bahan kimia pengawet, seperti kalium benzoat atau sodium benzoate yang dikenal cetakan inhibitor. Hal ini dapat merusak dan menonaktifkan DNA.

Merusak gigi

Diet soda memiliki pH 3,2, karenanya termasuk minuman asam. Hal ini dapat melarutkan enamel gigi dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Menyebabkan hangover

Ketika koktail dikombinasikan dengan diet soda, maka dapat menyebabkan hangover. Selain itu, diet soda dikemas dengan aspartam yang berbahaya bagi kesehatan dan tubuh Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini