Biar Enggak Kebelet BAB saat Jogging, Hindari Makanan Ini

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 15 April 2017 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 15 481 1668116 biar-enggak-kebelet-bab-saat-jogging-hindari-makanan-ini-ninP8WbFWJ.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

LAGI asyik lari, tiba-tiba kebelet buang air besar. Pasti bikin panik dan jadi tak nyaman saat jogging.

Untuk menghindari hal itu, Anda bisa menghindari beragam makanan yang memicu gangguan pencernaan. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Sabtu (15/4/2017).

Hindari kafein

Minuman berkafein secara umum cepat diproses oleh saluran pencernaan. Oleh karena itu, minum secangkir kopi, teh, minuman energi dan soda tidak dianjurkan sebelum Anda melakukan olahraga.

Sereal dengan buah berries

Makanan ini tergolong sehat, tetapi serimg memicu gangguan pencernaan. Sebaiknya, sebelum Anda lari santai hindari makanan tersebut, agar tak memicu perut mulas.

Hindari permen karet

Jangan mengunyah permen karet sebelum lari santai. Permen ini mengandung sorbitol dan tinggi gula yang membahayakan pencernaan. Maka Anda harus menghindari permen karet, meski bikin nyaman saat jogging.

Hindari makanan pedas

Capsaicin, bahan kimia yang membuat makanan pedas. Bahan ini dapat mengiritasi lapisan usus besar dan kecil. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, terutama di saat lari.

Hindari produk susu

Kombinasi laktosa dan lemak dalam susu dapat mengganggu lambung. Oleh karena itu, hindari konsumsi produk susu sebelum melakukan jogging.

Hindari kacang-kacangan

Aneka produk lentil atau kacang-kacangan mengandung kaya serat yang memicu Anda buang air besar. Sebaiknya, jangan makan kacang sebelum lari karena bisa bikin perut mulas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini