Share

Ini Loh Langkah - Langkah untuk Prosedur Sedot Lemak

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 17 April 2017 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 16 194 1668655 ini-loh-langkah-langkah-untuk-prosedur-sedot-lemak-zewKrX6FY3.jpg Prosedur sedot lemak (Foto: Carr dermatology)

LIPOSUCTION atau dikenal dengan sedot lemak merupakan suatu prosedur yang bertujuan untuk menghilangkan kelebihan lemak pad area tubuh tertentu. Tindakan ini menjadi cara instan yang dipilih sebagian besar wanita guna mendapatkan tampilan tubuh yang cantik dan menarik.

Selain perlu mengetahui aturan main dan efek samping prosedur sedot lemak, Anda yang berniat melakukan sedot lemak juga harus memahami proses yang dilakukan selama berada di ruang operasi. Seperti apakah?

Dituturkan oleh ahli bedah plastik, dr Laksmi Achyati, SpBp, dokter bedah plastik akan menentukan area tubuh di mana sedot lemak akan dilakukan dan menandainya pada tubuh pasien. Selanjutnya, prosedur diawali dengan penyuntikan cairan khusus yang mengandung obat bius (teknik tumescent) ke lapisan bawah kulit.

Perlu diketahui jika obat bius tersebut hanya menimbulkan baal di area tubuh sedot lemak dilakukan sehingga pasien tetap sadar sepanjang prosedur. Namun demikian, terdapat prosedur sedot lemak yang dilakukan dengan pembiusan total.

Setelah obat bius bekerja, prosedur utama pun dilakukan. Sebuah batang pengisap panjang yang terbentuk dari logam dimasukkan ke area tempat lemak terakumulasi melalui insisi kecil pada kulit.

Alat tersebut terhubung dengan pompa vakum berkekuatan tinggi. Dokter bedah plastik akan menggerakkan batang pengisap dengan gerakan maju-mundur untuk melepaskan perlekatan lemak dari jaringan sekitarnya. Dengan demikian, lemak yang terlepas dapat dihisap.

Anda tak perlu khawatir lantaran area tubuh dilakukannya penyedotan lemak sudah ditentukan secara hati-hati sehingga pembuluh darah dan serabut saraf di area tersebut tetap aman.

Setelah lemak yang dibutuhkan tercapai, penyedotan pun dihentikan. Lubang kecil pada kulit akan dijahit dengan 1-2 jahitan. Jadi, bekas pada kulit hanya sebesar kurang lebih 1 cm.

Setelah tindakan operasi, proses penyembuhan luka atau bengkak dilakukan selama tiga hari pertama. Tiga minggu kemudian bengkak akan berkurang dan kondisi area kulit lebih baik. Lalu, tiga bulan kemudian hasilnya akan semakin membaik. Anda dianjurkan untuk beristirahat dan menghindari aktivitas fisik, seperti olahraga.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini