nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak Cara Tepat Merawat Perhiasan dari Perak

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 18 April 2017 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 17 194 1669816 simak-cara-tepat-merawat-perhiasan-dari-perak-7SQE2c5NBo.jpg Perhiasan bertahta berlian (Foto: Luxurybodyjewelery)

PERHIASAN yang terbuat dari perak perlu perawatan ekstra. Pasalnya jenis batu mulia ini sangat mudah kusam. Pemilik perhiasan perak atau silver ini harus sering melakukan perawatan yang tepat agar tetap cantik.

Ada dua tahap dalam pembersihan perhiasan dari perak. Pertama adalah pembersihan lapisan luar yang bisa dilakukan dengan kain lap dan cairan khusus. Kedua, perendaman dengan cairan khusus dan penyikatan untuk membersihkan celah-celah kecil yang tak terjangkau usapan lap.

"Spesifik ke silver atau perak yang mudah mengikat oksigen sehingga mudah kusam, kalau sering di pakai di luar ruangan apalagi kalau terpapar matahari, kalau bisa dibersihkan dua atau tiga minggu sekali," jelas Finjar, seorang ahli perhiasan perak.

Untuk tambahan, perhiasan perak dapat diberikan cairan anti-tranish yang akan melapisi perak agar tidak mudah teroksidasi.

"Antitarnish bisa membantu memperlambat oksodasi, karena cairan itu akan memberi coating atau lapisan. Itu untuk perawatan. Tapi kalau untuk perbaikan ketika perak sudah hitam, itu perlu obat yang sangat kuat untuk membersihkan," pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini