Hyperhidrosis, Penyebab Utama Keringat Berlebih yang Jarang Disadari

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 17 April 2017 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 17 481 1669100 hyperhidrosis-penyebab-utama-keringat-berlebih-yang-jarang-disadari-DnKsKb9VsT.jpg Ilustrasi (Foto: Qsota)

KERINGAT berlebihan bisa menjadi masalah bagi sebagian orang, karena biasanya menimbulkan bau badan. Tapi, tahukah Anda penyebab keringat berlebih?

Salah satu penyebab utama dari keringat berlebih adalah hyperhidrosis. Hyperhidrosis adalah salah satu penyebab paling umum dari keringat berlebihan.

Keringat muncul secara alami di ketiak telapak tangan dan wajah. Hal ini biasanya terjadi sebagai kelebihan simetris keringat pada tubuh (misalnya, kedua telapak tangan, kedua telapak kaki, atau kedua sisi pangkal paha akan menghasilkan terlalu banyak keringat). Dan jangan khawatir, itu bukan tanda kegugupan atau penyakit serius.

Jadi mengapa hal itu terjadi? Sayangnya, ilmu pengetahuan tidak sepenuhnya yakin orang yang menderita masalah ini tidak memiliki kelenjar keringat lebih banyak atau lebih besar. Teori saat ini adalah bahwa masalah ini terjadi secara genetis dalam sistem saraf yang menghasilkan reaksi keringat ketika tidak benar-benar diperlukan.

Sementara itu, dari sekian banyak bagian tubuh, keringat berlebih paling sering terjadi di ketiak. Satu studi menemukan bahwa 51 persen orang dengan hiperhidrosis di Amerika mengeluarkan keringat berlebih di bawah lengan mereka.

Untungnya, ada perawatan yang tersedia untuk mengatasi masalah keringat berlebih. Hal ini termasuk obat-obatan atau suntik neurotoksin untuk melumpuhkan kelenjar keringat. Demikian yang dilansir dari laman Bustle.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini