Tips agar Penderita Hemofilia Miliki Mental yang Kuat dan Cegah Depresi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 17 April 2017 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 17 481 1669515 tips-agar-penderita-hemofilia-miliki-mental-yang-kuat-dan-cegah-depresi-Tmdyud9Zwy.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

HIDUP dengan penyakit yang tidak bisa disembuhkan tentu sangat berat. Karena, orang yang menderita penyakit tersebut berisiko mengalami depresi, termasuk penderita hemofilia.

Hemofilia adalah gangguan genetik yang diturunkan dari orangtua. Seseorang didiagnosa hemofilia karena kondisi di mana darah tidak dapat membeku secara normal. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti memar, sendi bengkak dan nyeri, kekelahan, serta darah dalam urin dan tinja.

Karena hemofilia belum ada obatnya, penderitanya bisa mengalami banyak tekanan mental dan depresi. Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar penderita hemofilia tetap memiliki mental yang kuat seperti dilansir dari laman Boldsky:

1. Pertama Anda harus menerima kenyataan bahwa hemofilia tidak dapat disembuhkan. Anda harus memahami dan menerima kenyataan bahwa pengobatan dapat meringankan gejalanya.

2. Orang dengan penyakit yang tak bisa disembuhkan seperti hemofilia dapat menderita depresi dan gangguan kecemasan. Sehingga, bantuan seorang ahli yang tepat harus dicari untuk mengobati kondisi mental.

3. Berlatih yoga dan meditasi juga dapat membantu menghilangkan stres yang berhubungan dengan hemofilia.

4. Jangan ragu untuk menerima bantuan dari keluarga dan teman-teman ketika merasa tertekan karena kondisi. Karena, hanya menghadapi hemofilia seorang diri akan sulit.

5. Anda juga dapat menghadiri pertemuan kelompok atau komunitas hemofilia dari rumah sakit atau yayasan. Sehingga, Anda dapat berbagi pengalaman tentang masalah yang sama.

6. Meskipun berolahraga dapat sulit bagi orang-orang dengan hemofilia, cobalah untuk latihan yang ringan di rumah. Hal ini agar endorfin dalam otak dilepaskan, sehingga membantu mengobati depresi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini